oleh

5 Kelemahan Virus Corona yang Patut Anda Ketahui

-Kesehatan

Banjarmasinnews.com – Kekhawatiran masyarakat tentang mewabahnya Virus Corona atau Covid-19 yang terbilang virus yang sangat saat ini , ternyata memiliki kelemahan.
Hal ini membuat kita sedikit lega, karena virus yang belum ada vaksin dan jenis obat yang pasti untuk penyembuhannya ternyata sangat mudah dibunuh.
Meskipun penyebarannya cukup masif, akan tetapi dengan mengetahui apa saja kelemahan dari virus tersebut membuat kita cukup tenang menghadapinya.
Lalu apa saja kelemahan dari virus Corona tersebut, berikut Banjarmasinnews rangkum ulasannya.

1. Bisa dibunuh hanya dengan Sabun

Sejak merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk sering mencuci tangan, cata ini dilakukan agar virus tersebut bisa hancur dan mati apabila terkena sabun.

Kandungan bodi virus yang tersusun dari DNA atau RNA sebagai inti dari virus, protein yang menjadi bahan baku virus untuk memperbanyak diri, dan lapisan lemak sebagai pelindung luarnya.

Ketiga rangkaian itu sebenarnya tidak terikat kuat antara satu sama lain, sehingga saat lapisan lemak hancur akibat sabun, maka virus tersebut juga akan ikut mati.

Untuk mencegah penularan virus Corona, sebaiknya rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Hal ini harus dilakukan dengan rutin agar virus tidak mudah masuk menyerang tubuh. 

2. Bisa Dikalahkan oleh Antibodi

Infeksi Covid-19 ini bisa digolongkan dalam beberapa tingkat, mulai dari yang ringan hingga parah.
Biasanya pasien yang memiliki gejala ringan, maka penyakit tersebut bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh penderita itu bekerja baik.

Antibodi sendiri akan terbentuk secara otomatis pada hari ke 7-9 semenjak gejala Covid-19 muncul pertama kali pada pasien tersebut.

Kondisi suhu badan panas pertanda jika tubuh sedang mengeluarkan berbagai senjata untuk melawan virus mematikan itu. Tubuh pasien tersebut berangsur-angsur mulai membaik beberapa hari setelah antibodi terbentuk.

3. Mampu Dibasmi dengan Disinfektan


Virus corona dianggap bisa tak berdaya jika terkena bahan disinfektan, seperti alkohol dengan kadar 60-70 persen, sodium hipoklorit 0,1 persen, atau hidrogen peroksida 0,5 persen dalam waktu satu menit.

Untuk mencegah penularan virus Corona tersebut, masyarakat sendiri dianjurkan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, dan telepon genggam dengan menggunakan cairan disinfektan.

4. Tak Bertahan Lama di Permukaan

Meski virus Corona dikatakan mampu bertahan beberapa hari di beberapa permukaan benda, namun seiring berjalannya waktu virus tersebut tak lagi cukup kuat untuk menimbulkan infeksi. Sehingga, World Health Organization (WHO) maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tak melarang pengiriman paket antar negara, lantaran risiko penularan melalui media pengiriman paket tersebut sangat rendah.

5. Tidak Sanggup Bertahan di Suhu Panas


Belum ada penelitian pasti tentang hal ini, akan tetapi berdasarkan jenisnya virus ini sangat mirip dengan virus corona penyebab SARS dan terbukti melemah pada suhu panas. Berdasarkan data yang diterbitkan WHO, virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56 derajat celcius.

Demikian kelemahan dari virus Corona ini, setidaknya hal ini patut untuk diketahui oleh masyarakat agar bisa melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *