oleh

Cara Aman Menggunakan Video Conference dengan Zoom

-Teknologi

Banjarmasinnews.com – Sejumlah perusahaan teknologi seperti Google dan SpaceX sudah melarang penggunaan aplikasi zoom untuk para karyawannya karena dinyatakan berbahaya untuk keamanan.

Mulai dari pengumpulan data pribadi pengguna, hingga beredarnya data pengguna Zoom di situs Dark Web. Akan tetapi karena aplikasi ini cukup nyaman dan mudah untuk digunakan dalam rapat maupun pertemuan secara online, banyak diantaranya yang masih menggunakan aplikasi tersebut.

Di Indoensia sendiri hingga saat ini, belum ada laporan soal pelarangan pemakaian aplikasi zoom dari kementerian terkait atau pihak-pihak tertentu.

Akan tetapi kewaspadaan dan keamanan data pribadi sangatlah penting untuk kita lakukan, untuk itu berikut tips aman bagi pengguna saat menggunakan aplikasi Zoom yang Banjarmasin News kutip dari CNet:

  1. Hindari menggunakan ID kantor untuk rapat di Zoom. Gunakan ID khusus hanya untuk satu kali pertemuan.
  2. Aktifkan fitur “Waiting Room” sehingga dapat melihat siapa saja yang mencoba bergabung dalam rapat sebelum diizinkan untuk mengakses rapat online. Cara settingnya pilih menu Account Management > Account Settings > pilih Meeting > lalu aktifkan Waiting Room.
  3. Anda juga harus menonaktifkan opsi lain, termasuk opsi Join Before Host. Fitur berbagi layar untuk non-hosts juga harus di-nonaktif-kan dan juga fitur lainnya. Untuk menonaktifkan ini, silakan klik ikon roda bergerigi di kanan atas dan pilih opsi yang tidak akan diaktifkan.
  4. Pastikan semua peserta rapat sudah hadir dan saat rapat dimulai, kunci ruang rapat tersebut agar peserta tak diundang tidak bisa meminta untuk bergabung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *