Banjir Kalsel di HST :  Rumahnya Terendam, 10 Keluarga di Haruyan Seberang Mengungsi ke Masjid

3 bulan lalu 49

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebanyak 10 keluarga di Desa Haruyan Seberang Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu sungai Tengah Kalimantan Selatan (Kalsel)  terpaksa mengungsi ke sebuah masjid di sekitarnya karena rumah mereka terendam sekitar 1,5 meter.

Rumah warga yang mengungsi tersebut berada di bantaran sungai.

Sekretaris Desa Haruyan Seberang Rahmadi kepada banjarmasinpost.co.id Senin (7/2/2002)  mengatakan, air sungai Haruyan mulai meluap sejak pukul 09.00 wita dan pukul 11 wita puncak ketinggiannya.

"Sekarang sudah mulai menyurut dan dan arus airnya lumayan deras sehingga cepat turun, "kata Rahmadi.

Baca juga: Banjir Kalsel di HST, Haruyan Kembali Terendam, Kantor Polsek Pun Kemasukan Air

Baca juga: Sungai Meluap Haruyan Banjir, BPBD HST Data Warga Terdampak

Dijelaskan untuk ketinggian air sendiri bervariasi antara 30 sampai 1,5  meter lebih. Terdalam di titik sekitar masjid di mana 10 rumah terendam tadi warganya  sudah mengungsi ke Masjid. Meski demikian menurut Rahmadi ketinggian air ini takkan bertahan lama sebab air cepat turun dan diperkirakan pukul pukul 14 wita nanti sudah kering.

Ditambahkan untuk 2022 ini  Haruyan Seberang sudah dua kali diterjang banjir. Pertama pada 11 Januari lalu, kemudian hari ini.  Sedangkan pada 2021 lebih dari 5 kali.

Untuk warga lainnya yang rumahnya kemasukan air tapi tidak begitu dalam, tetap bertahan di rumah. Seperti biasa kata Rahmadi  Setelah air surut beberapa jam warga yang mengungsi pun sudah bisa pulang ke rumah.

Lanjut Baca