Banjir Lahar Dingin Semeru, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang Putus

20230708 020457

Banjarmasin News – Banjir dengan intensitas besar menyebabkan Jembatan Kali Glidik di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, putus terbawa air bah.

Banjir lahar dingin Gunung Semeru ternyata juga memutus satu jembatan lain di Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Data dari BPBD Jatim hingga pukul 20.00 WIB tadi malam, banjir lahar dingin berimbas di lima desa yang ada di dua kecamatan. Yakni Desa Sidomulyo dan Pronojiwo di Kecamatan Pronojiwo, kemudian Desa Jugosari, Desa Kloposawit, dan Desa Tumpeng di Kecamatan Candipuro.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jatim Satriyo Nurseno, menyebutkan ada 4 jembatan yang teputus akibat banjir di 5 desa tersebut, yakni jembatan penghubung Desa Kloposawit dengan Desa Tumpeng di Kecamatan Candipuro, Jembatan Kali Regoyo penghubung Desa Jugosari dengan Dusun Kebondeli Selatan di Candipuro.

“Selain itu jembatan yang terputus jembatan penghubung Desa Tumpeng dan Desa Nguter di Candipuro, dan Jembatan penghubung Lumajang-Malang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo,” lanjutnya.

Akibat dari Banjir lahar semeru ini beberapa jalan terpaksa ditutup dan satu desa di informasikan terisolir karena jembatan penghubung yang terputus.

Exit mobile version