BANJARMASIN – Kedatangan kapal pesiar MV Coral Adventurer yang memuat wisatawan asal Australia di Pelabuhan Bandarmasih, Sabtu (14/3/2020), tak sekadar sandar. Para penumpang rencananya akan turun dan melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi wisata di antaranya Siring Menara Pandang dan Pasar Terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar, pada Minggu (15/3/2020).
Kedatangan kapal asing ini cukup sensitif di tengah merebaknya virus corona. Namun demikian, pejabat berwenang di Banjarmasin memiliki sejumlah alasan mengizinkan kapal Australia tersebut sandar di Banjarmasin meskipun sempat ditolak di pelabuhan Samarinda, Kaltim.Baca: Ditolak di Samarinda, Kapal Australia MV Coral Adventurer Bersandar di Banjarmasin
Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin menyatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap semua crew kapal maupun semua penumpang. “Sekitar 15 menit setelah kapal sandar, semua crew maupun penumpang kapal sedang dalam pemeriksaan secara seksama, untuk memastikan tak ada yang tertular virus Covid-19,” ungkap salah satu petugas KKP Kelas II Banjarmasin.
Bagian Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin Ihsan Azhari mengatakan, jajarannya telah melakukan pemeriksaan, berupa dokumen seperti paspor dan lain-lain. Bahwa semua dokumen penumpang maupun Crew Kapal Pesiar lengkap dan tidak ada masalah.
Dari daftar manifes, MV Coral Adventurer memiliki 35 orang crew, penumpang 48 orang, WNI 2 orang. Mereka terdiri dari negara Australia, Jerman, dan Indonesia. Hampir semua crew Kapal Pesiar MV Coral Adventure dan semua penumpang yang sandar di Pelabuhan Penumpang Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/3) dipastikan bebas dari Virus Corona.
Sumber dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin seperti dilansir Tribunnews.com menyebutkan, semua crew dan penumpang kapal pesiar dilakukan pemeriksaan. “Kami tidak berani memberita data hasil pemeriksaan. Sebab itu ranahnya pimpinan,” kata dr Kanzha dilansir Banjarmasin.tribunnews.com.
Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Mugen ketika ditanya pihak mana yang mengizinkan kapal pesiar masuk ke Banjarmasin mengatakan, pihaknya mengizinkan masuknya kapal pesiar ke Pelabuhan Penumpang Trisakti karena sebelumnya pada saat rapat bersama, tentang kedatangan kapal pesiar tidak ada masalah.
Persetujuan masuknya Kapal Pesiar bernama MV Coral Adventure atas kesepakatan bersama.”Misalnya dari hasil pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin ada satu penumpang yang terkena virus Corona, maka kapal saya perintahkan untuk sandar di tengah laut,” tegasnya.
Pantauan di lapangan, sekitar satu jam setengah setelah para crew maupun penumpang diperiksa oleh KKP Kelas II Banjarmasin, maka semua penumpang maupun crew tidak diizinkan keluar pelabuhan. (Kanalkalimantan.com/fikri/tribunnews)
 
Reporter : FikriEditor : Cell
 

Sumber Kanal Kalimantan

Komentar Anda