BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) gelar Bedah Buku karangan Mantan Rektor ULM, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, M.S di Aula Rektorat ULM, Selasa (10/3/2020).

Bedah Buku berjudul Model Sistem Hidroologi Hutan Lindung Daerah Aliran Sungai Riam Kanan Kalimantan Selatan ini dihadiri Jajaran Pimpinan dan Senat ULM, Pimpinan Fakultas, dosen, mahasiswa hingga perwakilan Pemerintah Daerah mitra ULM.

Membahas tentang Sistem Hidroologi Hutan Lindung Daerah Aliran Sungai Riam Kanan di Kalsel Prof. Dr. Ir. H M Ruslan nyatakan buku tersebut mempelajari adanya kelemahan di kawasan tersebut termasuk pada faktor rendahnya debit air hingga sedimentasi yang tinggi.

Maka dilakukan penelitian menggunakan model analisis sistem teknik simulasi.

Dari hasil penelitiannya yang dituangkan di buku tersebut, Ia berkesimpulan bahwa luasan hutan lindung harus ditambah hingga kurang lebih 70.000 hektare.

Artinya dengan keadaan saat ini, setidaknya perlu ditambah luasan hutan lindung kurang lebih seluas 15.000 hektar lagi agar bisa mencapai tata air yang diinginkan.

Reboisasi yang dilakukan di kawasan tersebut hingga saat ini menurut pakar di bidang manajemen hutan ini tentu membawa dampak positif.

Namun komposisi penambahan luasan hutan lindung menurut Prof. Dr. Ir. H M Ruslan juga harus memperhatikan komposisinya, dimana untuk efektifitas paling baik menurutnya diperlukan penambahan lahan dengan komposisi kawasan alang-alang dan ladang.

Buku tersebut ditargetkannya terutama sebagai bahan pertimbangan dan referensi bagi pengambil keputusan yaitu Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah di Kalsel.

Selain itu, Prof. Dr. Ir. H M Ruslan juga menargetkan buku karangan kelimanya ini menjadi referensi pendidikan.

Meski berjudul serius dan banyak berisi data-data statistik dari hasil riset dan penelitiannya, namun di buku ini Prof. Dr. Ir. H M Ruslan juga menyelipkan kisah lika-liku kehidupan karirnya.

“Saya masukkan juga soal lika liku hidup saya, supaya mahasiswa bisa mendapatkan sedikit teladan dari cerita hidup saya. Intinya seperti yang diajarkan Islam bahwa kalau ada kemauan maka akan ada jalan,” kata Prof. Dr. Ir. H M Ruslan.

Kegiatan Bedah Buku ini juga seperti menjadi kado bagi Prof. Dr. Ir. H M Ruslan yang genap berusia 70 Tahun pada Bulan Pebruari 2020.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda