BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Banjarmasin Command Center atau lebih dikenal BCC adalah sebuah sarana yang kini dimiliki Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Kalsel.

Diresmikan pada Februari 2018, pengelolaan BCC saat ini juga dibawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarmasin.

Layanan ini seyogianya merupakan salah satu inovasi Pemko Banjarmasin dalam pelayanan publik yang menyediakan berbagai informasi di lingkup pemerintahan.

Sama seperti di Kota Bandung, ruangan ini pun difungsikan sebagai tempat untuk memonitor semua aktivitas.

Bahkan tidak hanya di lingkungan Balai Kota saja, sejumlah titik di kota berjuluk Kota Seribu Sungai pun bisa terpantau di ruangan tersebut.

Hal itu dikarenakan ada sekitar ratusan CCTV atau kamera pemantau yang telah terpasang dan terintegritas dengan BCC Banjarmasin tersebut.

Ratusan CCTV atau kamera pemantau itu tersebar di berbagai titik, termasuk yang di ruang terbuka publik, keberadaannya pun ditampilkan langsung pada sejumlah layar monitor ruang BBC.

Tidak hanya di ruang BCC, hasil tangkapan sejumlah CCTV tersebut pun juga bisa diakses secara gratis oleh masyarakat umum.

Caranya pun mudah, pengguna tinggal mengaksesnya di website https://cctv.banjarmasinkota. go.id/.

Tidak hanya menampilkan hasil tangkapan CCTV saja, di ruang BBC Pemko Banjarmasin tersebut Banjarmasinpost.co.id juga bisa melihat berbagai aplikasi.

Membangun pusat data yang terintegrasi, ruang kendali ini menghubungkan seluruh pelayanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Banjarmasin.

Di antaranya aplikasi-aplikasi tersebut adalah Simpun Kota Banjarmasin, e-Data Smart City, Siap DPMPTSP, Palui, E-Lapor dan lain sebagainya. (Banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul)

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda