BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Kabar terkini, Selasa (24/3/2020), Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banjar (Kalsel) mencatat  ada 72 Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 2 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Dari jumlah 72 ODP itu, terbanyak ada di Martapura sebanyak 26 orang, selain 1 orang yang naik statusnya menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) yang kini masih dirawat intensif di RSUD Ulin, Banjarmasin.

Untuk ODP, telah disarankan tim supaya mengisolasi diri di rumah masing-masing dan menghindari keluar rumah atau kontak dengan orang lain.

Terbanyak berikutnya adalah Gambut sebanyak 12 ODP, kemudian 7 ODP di Sungai Tabuk, Kertak Hanya ada 6 orang, Astambul ada 5 orang , Karang Intan dan Beruntung Baru masing-masing 3 ODP, Simpang Empat, Aluh-aluh, Simpang Empat, Tatah Makmur, Mataraman masing-masing 2 ODP, serta Aranio, dan Sungai Pinang masing-masing 1 orang.

“Pada sore ini, data kami menunjukkan 72 ODP dan 2 PDP, untuk PDP sudah di RSUD Ulin. Perkembangan luar biasa sejak Jumat dari hasil pendataan. Upaya pencegahan, kami lakukan dengan mensterilisasi kawasan publik, masjid-masjid, musala, juga pesantren. Pak Bupati (KH Khalilurrahman) sudah melepas tim penyemprotan tadi pagi,” ujar HM Hilman, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Banjar.

Dia juga menegaskan, acara resepsi atau pesta pernikahan ditiadakan.

Kalau tidak bubar sendiri, maka akan dibubarkan dengan bantuan tentara dan polisi. 

Ditambahkan Sekretaris Gugus Tugas Diauddin, bahwa 72 ODP di Kabupaten Banjar memang rata-rata warga Banjar yang  melaksanakan perjalanan dari daerah terinfeksi. (Banjarmasinpost.co.id/Niakurniawan)

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda