BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Salah seorang desainer senior di Banua yakni Kawang Yoedha rupanya saat ini sedang fokus melakukan perekaman lagu-lagu Banjar.

Pasalnya Kawang Yoedha bersama yayasan Menuju Dunia Gemilang (Mendulang) yang pembinanya HG (P) Rusdi Effendi AR merekam belasan lagu Banjar.

Tercatat ada sekitar 16 lagu yang akan direkam dan Kawang Yoedha yang dahulunya juga pernah menjadi pemenangan Bintang Radio ini yang akan menjadi pengisi suaranya.

Adapun lagu-lagu yang direkam tersebut merupakan karya dari beberapa seniman lagu Banjar yang ada di Banua seperti Almarhum H Anang Ardiansyah, A Thamrin, Yustan Azidin, Bakhtiar Sanderta dan sebagainya.

Dan lagu-lagu ini merupakan lagu yang juga oernah ditampilkan dalam gelaran Malam Dundang Seribu Sungai di Banjarmasin, hingga gelaran Banjarese Nite yang dilaksanakan di Jakarta beberapa tahun yang lalu.

“Pada tahun ini Yayasan Mendulang ingin mendokumentasikan lagu-lagu Banjar yang juga pernah dipesankan oleh HG (P) Rusdi Effendi agar lagu-lagu Banjar tempo dulu bisa tetap dikenal dan dikenang oleh generasi mendatang seperti lagu Kasih Putus di Luhuk Badangsanak, Mancari si Jantung Hati, dan sebagainya,” kata Kawang.

Lagu sendiri dikemas dengan beragam genre musik, mulai dari keroncong, Banjar, seriosa dan sebagainya.

“16 lagu ini ada yang versi keroncong, jazz, Banjar sesuai dengan genrenya masing-masing. Dan kami bekerjasama dengan seniman musik di Banua yaitu Helmi untuk mengerjakannya,” jelasnya saat ditemui di sela-sela proses rekaman di kediamannya di Komplek Kayutangi II Banjarmasin, Rabu (11/3/2020) malam.

Kawang menambahkan, salah satu tujuan perekaman lagu-lagu tersebut adalah untuk menjaga dan melestarikan lagu Banjar.

“Kami ingin mendokumentasikan, dan agar generasi mendatang pun bisa lebih mengenal lagu-lagu Banjar. Apalagi lagu-lagu yang kami rekam ini juga jarang diketahui orang banyak,” pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id /frans rumbon)

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda