BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Sekitar 50 pendemo massa tampak diadang oleh Tim Pengendalian Massa atau Dalmas dari Polresta Banjarmasin yang berjumlah 600 petugas.

Para pendemo itu ingin memasuki halaman Kantor KPU Provinsi Kalsel. Namun usaha itu terus diadang petugas Dalmas dengan tameng dan memukul.

Beberapa menit kemudian, nassa pendemo berhasil dipukul mundur oleh mobil Water Canan dengan menyemprotkan air ke arah massa.

Agar massa tidak datang lagi ke Kantor KPU, peran anggota Dalmas di barisan depan, digantikan oleh lintas ganti dari Brimobda Polda Kalsel.

Gambaran di atas adalah simulasi Sistem Pengamanan Kota yang dilaksanakan oleh jajaran Polresta Banjarmasin, dengan mengambil tempat di Lapangan Kamboja, Jalan H Anang Adenansi Banjarmasin, Jumat (13/3/2020) pagi.

Simulasi disaksikan langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Wakapolresta AKBP Sabana Atmojo, Kabag Ops Kompol Rizali.

Usai pelaksanaan Simulasi Sispam Kota, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menghadapi Pemilukada, sekaligus memantapkan dan melihat kekurangan latihan Sispam Kota.

Sebab pada Senin (16/3/2020) besok kegiatan ini akan dinilai oleh Polda Kalsel. Dan seluruh polres juga dinilai.

Ditambahkannya, jumlah anggota yang dilibatkan ada 600 orang, terdiri dari Polresta Banjarmasin dan diambil sebagian dari polsek-polsek dan polisi air serta lalulintas.

Pantauan di lapangan, sekitar 50 anggota Polresta Banjarmasin, khusus ditunjuk oleh masing-masing pimpinan mereka. Mereka berperan seolah-olah sebagai pendemo, dan pada saat perhitungan suara di salah satu TPS, pihak panitia di TPS dianggap curang.

Sehingga nassa salah satu pendukung tidak puas, terjadilah keributan. Sebuah mobil patroli dari salah satu polsek dengan enam orang anggotanya mendatanggi TPS itu.

Namun ternyata kedatangan anggota polsek itu tak mampu meredakan situasi di TPS, sehingga sekitar 50 orang massa mendatanggi Kantor KPU Provinsi Kalsel.

Namun kedatangan massa rupanya diadang oleh ratusan anggota Dalmas di depan pintu masuk Kantor KPU. Karena tak boleh masuk, maka terjadilah keributan.

(banjarmasinpost.co.id /jumadi)

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda