BANJARBARU – Merebaknya virus corona (Covid-19), penumpang laut dan udara juga kena imbas.

Seperti yang disampaikan Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi, Rabu (25/3/2020), tranportasi laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel juga mengalami penurunan penumpang dan barang.

“Dari catatan kami punya, Beberapa pekan terakhir jumlah penumpang maupun pengiriman barang melalui jasa angkutan laut, terus mengalami penurunan. Bahkan sampai 40 persen, baik ke Surabaya maupun yang ke Banjarmasin,” kata Anton Wahyudi.

Dijelaskan dia, faktor lain, yakni persaingan harga tiket antara transportasi laut dengan udara cukup ketat.

Hal demikian juga sangat mempengaruhi jumlah pengguna kapal.

“Jika normalnya satu kali pelayanan truk muatan kapal berjumlah 40 unit, sekarang hanya berada di kisaran 25 unit,” tandas Anton Wahyudi.

Diperjelas dia, pengiriman tekstil pun turun, biasanya dari Cina dan imbas virus ini pengiriman tekstil jauh menurun.

” Tekstil yang dikirim sekarang dari dalam negeri jumlahnya tidak seberapa. Kami tetap beroperasi dengan dua kali datang dan pergi,” kata Anton sapaanya.

Tapi meski demikian, Armada PT Dharma Lautan Utama tetap beroperasi melayani masyarakat yang bepergian, baik dari Banjarmasin – Surabya, mapun sebaliknya.

“Hingga sekarang ini belum ada kebijakan dari manajemen untuk menyetop sementara operasional, meski di Surabaya, Jatim, maupun Kalsel ada warga yang terpaparvirus korona,” katanya.

Sumber Banjarmasin Post

Komentar Anda