Cegah Banjir saat Penghujan, Bupati Tala Tegaskan Perlunya Perbanyak Penampungan Air di Wilayah Ini

2 bulan lalu 66

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak beberapa tahun terakhir sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), kerap terdampak banjir akibat meningginya intensitas curah hujan.

Hal itu menjadi perhatian khusus pemerintah daerah setempat.

Bahkan, tak cuma di wilayah dataran rendah yang diperhatikan, daerah yang bertopografi tinggi pun juga dicermati karena juga di beberapa tempat juga berpotensi risiko terpapar banjir.

Bupati Tala HM Sukamta mengatakan penampungan air di dataran tinggi perlu ditingkatkan kapasitas tampung maupun sebarannya.

Implementasinya melalui pembangunan bendungan maupun sejenisnya.

"Hal itu penting guna menjamin ketersediaan air pada musim kemarau dan sebagai langkah pencegahan bencana banjir di dataran rendah saat musim penghujan," ucap Sukamta.

Orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang ini senang melihat telah rampungnya renovasi bendungan di Desa Tebing Siring, Kecamatan Bajuin, yang termasuk salah satu kawasan di dataran tinggi.

Syukuran atas selesainya renovasi bendungan tersebut dilaksanakan Jumat kemarin di Desa Tebing Siring pada rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang.

Acara ini turut dihadiri Bupati Tala HM Sukamta.

Lanjut Baca