Cimahi Trending Twitter, Intip Cerita Sejarah hingga 'Noda' Korupsi

2 bulan lalu 56

Bandung - Kota Cimahi trending Twitter saat ini. Menilik daerah yang berbatasan dengan Kota Bandung, bagaimana sejarah kota kecil dengan 3 kecamatan itu?

Dikutip dari website cimahikota.go.id, Cimahi mulai dikenal tahun 1811. Bertepatan dengan Gubernur Jenderal Willem Daendels yang membuat jalan Anyer-Panarukan dengan dibuatnya pos penjagaan yang sekarang merupakan Alun-alun Cimahi.

Pada tahun 1874-1893, dilaksanakan juga pembuatan jalur kereta api Bandung-Cianjur sekaligus kereta api Cimahi. Kota Cimahi juga terkenal dengan daerah militernya. Hal ini dimulai pada tahun 1886 adanya pembangunan pusat pendidikan militer termasuk fasilitas di dalamnya seperti rumah sakit Dustira hingga tahanan militer.

Cimahi mulai jadi kecamatan tahun 1935. Tahun 1962, dibentuk setingkat kewedanan meliput empat kecamatan yakni Cimahi, Padalarang, Batujajar dan Cipatat. Tahun 1975, ditingkatkan menjadi kota administratif. Berselang waktu, tahun 2001 Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom.

Cimahi sebelumnya memang bukan kota mandiri. Kota Cimahi masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Bandung. Hingga akhirnya, Cimahi menjadi kota dengan dipimpin oleh Wali Kota.

Sebagai kota, Cimahi memiliki luar mencapai 4.025,73 hektare. Luasan itu termasuk di dalamnya tiga kecamatan.

Perkembangan Cimahi cukup pesat. Hal ini juga seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang pada tahun 1990 berjumlah 290.202 jiwa dan di tahun 2000 meningkat menjadi 352.005 jiwa dengan pertumbuhan rata-rata 2,12 persen per tahun.

Namun, selain kementerengan perkembangan Cimahi dari waktu ke waktu, Kota Cimahi juga tak lepas dari 'noda'. Beberapa Wali Kota yang pernah menjabat tersangkut praktik korupsi.

Simak Video "Mabes Polri Diserang Wanita Bersenjata, Netizen Kirim Doa"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/mso)

Lanjut Baca