Cimahi Trending Twitter, Penduduknya Ternyata Terpadat di Indonesia

2 bulan lalu 31

Bandung - Kata kunci Cimahi masuk trending Twitter di Indonesia sebagaimana dilihat detikJabar, Senin (28/2/2022) sore. Sekadar diketahui, Cimahi salah satu kota di Jawa Barat. Kota Cimahi ini tetangga Kota Bandung.

Hingga pukul 17.05 WIB, Senin (28/2/2022), Cimahi masih menempati klasemen trending Twitter. Cuitan yang menggunakan kata Cimahi ada sebanyak 2.346.

Dalam beberapa postingan, netizen mengunggah meme hingga narasi yang menyebutkan Kota Cimahi bukan Bandung. Sebagaimana unggahan dari akun Twitter Cigarettes A**ct. Dalam unggahannya itu akun tersebut menulis 'Cimahi ngaku Bandung'. Selain itu postingannya itu dilengkapi dengan gambar tokoh kartun Patrick yang sedang memberikan jari jempol ke bawah.

Akun lainnya @bandungfess juga ikut berkomentar terkait Kota Cimahi bukan Bandung. "Euy yang bilang Cimahi is not Bandung, Cimahi bagaikan vatikan di Italia, dilingkung ku Bandung," tulis akun tersebut.

Satu yang paling menarik unggahan video dari @dont**yo. Dalam video tersebut terlihat polisi tengah mengamankan sejumlah pemuda yang tengah menghabiskan malam Minggu di Alun-alun Bandung (basa selengkapnya di sini).

Sekadar diketahui, Cimahi menaungi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi Tengah, dan Cimahi Selatan. Ada 15 kelurahan yang tersebar di tiga kecamatan tersebut. Cimahi luas wilayahnya 40,2 Km2. Berdasarkan data BPS Cimahi (dalam e-book Kota Cimahi Dalam Angka 2022), penduduk Kota Cimahi mencapai 571 ribu pada 2021.

Tahukah Anda, Cimahi ini merupakan kota terpadat penduduknya? Fakta Cimahi memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Jawa Barat, bahkan Indonesia, diungkapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat pada 2019.

Data BPS itu menyebutkan penduduk Kota Cimahi mencapai 15.643 jiwa per kilometer persegi (km2). "Sebagian besar wilayah Jawa Barat memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Dari 27 kabupaten/kota, 16 di antaranya memiliki tingkat kepadatan penduduk lebih dari 1.000 jiwa/km2. Kota Cimahi merupakan daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia mencapai 15.443 jiwa/km2," tulis BPS berdasarkan e-book Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2020 sebagaimana dikutip detikJabar, Senin (28/2/2022).

Simak Video "Ajaibnya Rumah Maggot Cimahi yang Kurangi 12 Ton Sampah dalam Sebulan"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/mso)

Lanjut Baca