Daripada Bangun Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, Isnaini: Fokus Atasi Banjir Dulu!

4 bulan lalu 79

KETUA Komisi III DPRD Banjarmasin Muhammad Isnaini angkat bicara soal rencana megaproyek bernilai Rp 175 miliar untuk sekadar membangun Jembatan Pramuka-Jalan Sungai Gampa pada 2023 mendatang.

LEGISLATOR Partai Gerindra ini menegaskan banyak hal yang krusial dan skala prioritas lebih diutamakan, dibanding hanya mengejar sebuah proyek prestius hingga menelan dana ratusan miliar dengan skema tahun jamak (multiyear).

“Selama ini soal rencana pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa sepanjang 3,8 kilometer itu juga tidak pernah dibicarakan dengan DPRD Banjarmasin. Apalagi, jika nanti sumber dananya berasal dari APBD Banjarmasin,” kata Muhammad Isnaini kepada jejakrekam.com, Minggu (23/1/2022).

Untuk koreksi, Jembatan Pramuka-Jalan Sungai Gampa ini berada di wilayah Kelurahan Sungai Jingah, bukan Sungai Gampa Rantau Badauh Barito Kuala (Batola). Dengan bentang jembatan yang panjang sejauh 3,5 kilometer tentu tembus ke Desa Semangat Karya, Kecamatan Alalak, Batola.

BACA : Digarap Mulai 2023, Ini Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Bernilai Rp 175 Miliar

“Kalau melihat dari penjelasan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin tergambar jelas pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa ini merupakan megaproyek yang menelan dana ratusan miliar. Darimana uangnya? Seolah-olah Banjarmasin ini kelebihan uang seperti DKI Jakarta,” kritik Isnaini.

Apalagi, menurut dia, status Jalan Pramuka merupakan kewenangan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel sebagai perwakilan pemerintah pusat, hingga melibatkan dua daerah; Banjarmasin-Barito Kuala sehingga ada domain Pemprov Kalsel.

“Daripada bangun jembatan bernilai ratusan miliar dalam skema tahun jamak, lebih baik Pemkot Banjarmasin fokus dalam penanganan masalah banjir dulu. Ini jauh lebih urgen karena dampaknya sangat dirasakan warga Banjarmasin,” kata Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Sebar 10 Pompa Air, Dinas PUPR Banjarmasin Janji Anggaran Normalisasi Sungai Lebih Besar

Menurut Isnaini, soal penanganan ancaman banjir di Jalan Veteran dan normalisasi sungai saja tidak berlanjut, sehingga terkesan rencana pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa itu hanya untuk mengalihkan isu.

Lanjut Baca