Ditonton 15 Juta Kali Lebih, Viral Video Petugas Berlaku Kasar Saat Ambil Sampel Swab Covid-19, Banjir Kecaman Publik

3 bulan lalu 33

Suara.com - Melakukan tes swab untuk mendeteksi Covid-19 sudah awam dilakukan di tengah pandemi. Biasanya sampel diambil dengan mengusapkan alat ke rongga hidung atau tenggorokan sebelum direaksikan dengan reagen terkait.

Lantaran sampelnya diambil dari bagian dalam hidung atau mulut, biasanya proses dilakukan dengan lembut dan berhati-hati. Namun cara petugas pengambilan sampel yang terekam di video berikut ini sukses membuat publik mengernyit.

Bagaimana tidak? Terlihat sang petugas yang memasukkan dalam-dalam alat pengambil sampelnya ke dalam hidung seorang pemuda.

Bukan hanya itu, sang petugas juga terlihat menggerakkan dengan kasar alatnya yang sudah menancap di dalam hidung. Alhasil pemuda yang diambil sampelnya memberontak tidak nyaman dan menepis tangan petugas itu.

Petugas dan pemuda yang diambil sampelnya itu juga terlihat sempat berdebat sebelum video kemudian berakhir. Meski demikian, tidak ada keterangan jelas kapan dan di mana video viral unggahan akun TikTok @mikeyy64 ini diambil.

Seperti dipantau Suara.com pada Kamis (17/2/2022), video berdurasi 10 detik ini sudah ditonton lebih dari 15 juta kali. Video ini juga kembali diviralkan di beberapa platform media sosial, seperti akun Instagram @terangmedia.

Tentu saja apa yang terekam di video ini mendapat banyak komentar dari warganet. Bukan hanya mempermasalahkan cara pengambilan sampel yang dinilai kasar, warganet juga menyoroti petugas yang terlihat tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) yang memadai. Petugas berhijab itu terlihat hanya memakai pakaian tertutup biasa, masker, face shield, serta sarung tangan yang menutupi tangannya.

"Belajar dari mana cara ambil sampel kayak gitu makanya petugas itu harus ikut pelatihan swaber dulu, pake APD juga harus bener," komentar warganet.

"Kok gitu ya, lapor aja lapor, kan bahaya tuh," ujar warganet lain.

Lanjut Baca