DUUUhhh!, Distribusi Air Ke Pelanggan di Banjarmasin Barat dan Tengah Kembali Terhambat 12 Jam Kedepan, PDAM Beberkan Penyebabnya

3 bulan lalu 25

WARTABANJAR.COM,  BANJARMASIN – Pelanggan PDAM Bandarmasih di sebagian wilayah Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Tengah dipastikan tak bisa mendapatkan air bersih sampai malam. Distribusi terhambat diperkirakan memakan waktu 12 jam kedepan, Sabtu (19/2/2022).

Hal ini dikarenakan perbaikan emergency kebocoran pipa distribusi primer PVC diameter 630 milimeter yang berlokasi di Jalan Soetoyo S Banjarmasin (depan masjid Al Khair) mendapati kendala.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Yudha Achmady mengatakan, saat penggalian pada Jumat siang, ternyata ada empat batang pipa Telkom yang masih aktif dan ada optiknya. Pihaknya pun langsung bekoordinasi dengan pihak Telkom dan ternyata baru pukul 22.00 wita baru datang di lokasi.

“Pengerjaan pun sejak pukul 22.00 wita hingga dini hari dan ternyata tim di lapangan mengalami kendala lagi, yakni air pasang. Maka tidak bisa lagi mengeksekusi pipa bocor tersebut” katanya, Sabtu (19/2/2022).

Lanjutnya, pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 wita baru bisa mematikan pompa secara total kemudian pihaknya langsung bergerak melanjutkan perbaikan yang lebih dulu dengan pemotongan pipa yang bocor tersebut.

Dia juga menjelaskan, proses perbaikan pipa bocor itu kemungkinan memakan waktu hingga pukul 14.00 wita dan akan langsung menghidupkan mesin pompa. Meski demikian distribusi air bersih hingga sampai kepada pelanggan tergantung jarak dan tekanannya.

“Bagi pelanggan yang berlokasi di daerah ujung, maka kami mintakan bersabar, karena kemungkinan air baru mengalir di rumahnya pada malam hari,” jelas Yudha.

Dirinya mengharapkan pada tahun ini bisa melaksanakan penggantian pipa di Soetoyo S dan A Yani, saat ini masih menunggu izin dari BPJN Kalsel.

Atas nama PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dirinya kembali menyampaikan permohonan maaf atas terhambatnya distribusi air kepada pelanggan di sebagian wilayan Banjarmasin Barat dan sebagian di Banjarmasin Tengah mulai pukul 14.00 Wita sejak Jumat (18/2/2022) kemarin. (Has)

Lanjut Baca