FINA Resmi Batalkan Kejuaraan Dunia Renang Junior di Rusia

2 bulan lalu 22
  • FINA resmi membatalkan perhelatan Kejuaraan Dunia Renang Junior di Rusia, Agustus mendatang.
  • FINA menyebut keputusan ini diambil setelah berkonsultasi dengan beberapa atlet dan pemangku kepentingan.
  • Federasi renang nasional Australia menyambut baik keputusan ini.

SKOR.id - Federasi Renang Internasional (FINA) akhirnya membatalkan Kejuaraan Dunia Renang Junior di Kazan, Rusia, yang semula dijadwalkan Agustus mendatang.

Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari kekhawatiran FINA terkait invasi militer Rusia kepada Ukraina yang telah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

FINA menyebut keputusan yang dikeluarkan Minggu (27/2/2022) itu diambil setelah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk atlet. 

"Di masa depan, FINA tidak akan mengadakan acara di Rusia jika krisis besar ini berlanjut," demikian keterangan FINA terkait sikap tegas mereka.

Federasi olahraga yang berbasis di Swiss itu menambahkan, siap memberi dukungan dalam bentuk apapun kepada atlet renang yang terkena dampak invasi Rusia.

Sebelumnya, FINA telah membatalkan sejumlah agenda kejuaraan di Rusia, di antaranya Liga Dunia Polo Air yang mempertemukan Rusia dan Yunani.

Pertemuan kedua negara itu awalnya dijadwalkan pada 8 Maret 2022 di St. Petersburg. Namun, akibat insiden ini, FINA membatalkannya.

Pun dengan kejuaraan renang indah dan seri menyelam yang dijadwalkan berlangsung di Kazan pada 8-10 April mendatang juga ikut dibatalkan.

Australia, melalui federasi renang nasionalnya, menyambut baik langkah yang diambil FINA. Mereka juga berkomitmen untuk tidak mengirim wakil ke event di Rusia.

Lanjut Baca