by

Begini Cara Cepat Bikin Kopi Dalgona Tanpa Mixer

Banjarmasinnews.com – Disaat pandemik virus corona, beberapa pecinta kopi kehilangan akses untuk mendapatkan kopi yang nikmat di cafe dan tempat nongkrong lainnya sambil menikmati kopi.

Untuk melepas rasa rindu akan hidangan kopi ala barista, ada baiknya kita mencoba membuat sendiri kopi dirumah, yang viral saat ini yaitu kopi dalgona.

Kopi Dalgona sendiri merupakan minuman perpaduan antara kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang seimbang, yang kemudian dikocok sehingga menjadi krim, lalu ditambahkan ke susu dingin atau panas.

Pembuatan kopi dalgona ini umumnya menggunakan mixer untuk mendapatkan hasil yang cepat dan sempurna, akan tetapi anda juga bisa membuatnya tanpa menggunakan alat bantu mixer.

Berikut cara pembuatan Kopi Dalgona tanpa menggunakan mixer

Bahan:
1 sendok makan kopi bubuk tanpa ampas
1 sendok makan gula
1 sendok air panas
Susu full cream setengah gelas
Es batu secukupnya

Peralatan:
Saringan
Wadah kecil yang cukup untuk mengaduk dengan saringan

Cara cepat membuat kopi dalgona:
1. Agar berhasil membuat kopi dalgona, pastikan menggunakan kopi bubuk tanpa ampas. Kopi dengan ampas serta kopi yang sudah dicampur dengan gula atau 2in1 maupun juga 3in1 tidak bisa untuk membuat dalgona.

2. Gunakan pula air panas saat membuat kopi dalgona, karena akan mempercepat proses pengembangan saat mengaduk.

3. Gunakan perbandingan 1:1:1 antara kopi, gula, dan air panas.

4. Aduk campuran kopi, gula, dan air panas dengan saringan pada wadah yang kecil agar proses pengadukan lebih cepat. Saringan mempunyai bentuk yang dapat memastikan semua bagian adonan teraduk rata. Proses pengadukan ini dapat berlangsung 3-5 menit saja.

5. Siapkan susu full cream dengan es batu di dalam gelas. Lalu tuangkan adonan kopi yang sudah mengembang.

Jika urutan ini anda lakukan dengan sempurna maka kopi dalgona siap untuk disajikan.

Selamat mencoba dan menikmati!!!