by

Mengenal Henti Jantung Yang Sebabkan Meninggalnya Didi Kempot

Banjarmasinnews.com – Selasa pagi (5/5/2020), Penyanyi yang dikenal dengan lagu-lagu campursari, Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

Didi sempat mendapatkan perawatan medis selama 20 menit sebelum kemudian menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 07.45 WIB.

Kematiannya disebutkan karena henti jantung atau dikenal dengan sudden cardiac arrest.

Lalu, apa yang dimaksud henti jantung?

Melansir dari kompas.com yang mengutip dari heart.org, henti jantung merupakan kondisi hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang yang mungkin pernah atau pun tidak pernah didiagnosis menderita penyakit jantung.

Henti jantung sendiri dapat disebabkan oleh irama jantung yang tidak teratur, disebut aritmia. Aritmia umum yang berhubungan dengan henti jantung yaitu febrilasi ventrikel.

Febrilasi ventrikel merupakan bilik jantung yang lebih rendah tiba-tiba mulai berdetak dengan kacau dan tidak memompa darah.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari healthline, henti jantung merupakan kondisi yang serius, karena jantung berhenti berdetak atau dikenal sebagai kematian jantung mendadak.

Detak jantung dikendalikan oleh impuls listrik. Saat impuls berubah pola, detak jantung menjadi tidak teratur dan itulah menyebabkan seseorang bisa tidak sadarkan diri bahkan bisa mengalami kematian.

Sumber : Kompas.com

Editor : Tim Redaksi