by

10 Posko dibangun Untuk Mendukung Pelaksanaan PSBB

Banjarmasinnews.com – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 kota Banjarmasin menggelar jumpa pers terkait Sistem Pengamanan Kota dalam mendukung penerapan Pembatasan Status Berskala Besar (PSBB) di Mapolresta Banjarmasin Hari ini, Rabu 22 April 2020.

Kombes Pol Rachmat Hendrawan, selaku Kapolresta Banjarmasin yang juga Wakil Ketua I Tim Gugus Covid-19 Banjarmasin memaparkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 10 posko di kota Banjarmasin termasuk diperbatasan yang bersinggungan langsung dengan kabupaten tetangga.

Titik penempatan posko juga dibangun didaerah yang ditetapkan sebagai zona merah.

“Kita utamakan tindakan preventif dan preemtif. Misal kepada pengendara tidak boleh berboncengan, penumpang mobil juga dibatasi. Mobil yang muat 4 kita minta 2 orang saja atau setengah dari kapasitas kecuali mereka satu keluarga yang dibuktikan dengan KTP,” ujar Rachmat Hendrawan.

PSBB sendiri akan mulai diberlakukan mulai tanggal 24 April sampai dengan 8 Mei 2020. Selama PSBB juga akan diberlakukan jam malam yaitu mulai pukul 20.00 Wita hingga 06.00 Pagi.

Adapun 10 Posko yang telah dibangun yaitu Terminal Pal 6 dan Pos Sungai Lulut untuk Banjarmasin Timur, kemudian Pos Handil Bakti, Bundaran Kayu Tangi dan Pos Rumah Karantina yang berada di Banjarmasin Utara.

Selanjutnya untuk Banjarmasin Barat ditetapkan hanya 1 posko yaitu di Pelabuhan Trisakti, kemudian Banjarmasin Selatan dengan 2 posko, Pos Lingkar Selatan dan Pos Kertak Hanyar.

Terakhir posko yang berada di Banjarmasin Tengah ditempatkan di Pos KFC dan Pos Samping Duta Mall.