by

Masalah Ginjal di Sebabkan Obat Hipertensi, Benarkah?

BanjarmasinNews – Banyak rumor beredar bahwa masalah ginjal sering terjadi karena mengkonsumsi obat hipertensi alias tekanan darah tinggi, lantas benarkah rumor tersebut?

Dr. dr. Tunggul D. Situmorang selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) membantah hal tersebut. Ia mengatakan obat hipertensi justru berperan untuk melindungi ginjal sebab tekanan darah tinggi selalu berkaitan erat dengan gagal ginjal.

Ketua Indonesian Society for Hypertension (INASH), mengaku sering mendapatkan pertanyaan serupa oleh pasien. Menurut dr Tunggul, klaim ini sudah dapat dibuktikan ilmiah sebagai mitos, alias kabar tidak benar.

ilustrasi-sakit-ginjal

“Karena saat seseorang tidak mengonsumsi obat hipertensi, tekanan darahnya akan naik dan bisa menyebabkan komplikasi pada organ tubuh, termasuk ginjal,” katanya dalam acara “Gerakan Peduli Hipertensi: Kendalikan Hipertensi, Sayangi Ginjalmu” di Jakarta pada 17 Oktober 2019. dikutip dari laman temppo.com.

Hal yang samapun berlaku untuk pasien penderita diabetes. Fungsi obat diabetes dan hipertensi merupakan pengontrol, agar gula darah atau tekanan darah tidak berada di atas batas aman. Justru ketika obat tidak diminum dan tekanan darah serta gula darah tidak terkontrol, risiko kerusakan ginjal akan meningkat.

Namun dr. Tunggul tidak menafikan adanya beberapa obat yang bila dikonsumsi bisa mengakibatkan kerusakan ginjal, seperti obat anti rasa sakit, obat pengurus badan, dan obat-obatan yang tidak jelas lainnya.