by

Pengurus Al Jihad: Tidak Ada Kegiatan Tarawih, Buka Puasa Ramadhan Ini

Banjarmasinnews.com – Kementerian Agama telah secara resmi mengeluarkan pedoman tentang pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan untnuk dilaksanakan dirumah saja.

Selaras dengan pemerintah, PP Muhammadiyah dan Pemprov Kalsel juga mengambil keputusan peniadaan aktivitas bulan Ramadhan, salah satunya masjid Muhammadiyah terbesar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yaitu Masjid Al Jihad Banjarmasin yang juga secara resmi meniadakan salat tarawih berjamaah dan buka puasa bersama pada Ramadhan 1441 Hijriyah, tahun ini.

Dilansir dari apahabar.com Ketua Harian Pengurus Mesjid Al Jihad Banjarmasin, Muddasir, Minggu (19/4) mengatakan “Iya benar semua kegiatan di bulan Ramadhan seperti salat terawih, buka puasa, ceramah agama dan pengajian ditiadakan,” katanya .

Masjid Al Jihad sendiri setiap tahun biasanya memiliki kegiatan khusus di bulan Ramadhan, terutama untuk berbuka puasa selalu dipenuhi masyarakat sekitaran kota Banjarmasin maupun dari luar daerah.

Pengumpulan donasi-pun sudah dilakukan beberapa bulan sebelum hadirnya bulan yang penuh kemuliaan ini, dan tidak sedikit mereka yang menjadi donator untuk kegiatan-kegiatan ibadah di Masjid ini.

Ditanya mengenai bagaimana dengan uang yang telah didonasikan oleh jama’ah untuk keperluan berbuka puasa bersama di Mesjid Al Jihad?

Muddasir mengatakan telah menginformasikan kepada jemaah yang sudah terdaftar memberikan sumbangan.

Ia menjelaskan ada dua mekanisme pengambilan uang sumbangan tersebut, Pertama jemaah bisa mengambil uang itu kembali kepengurus masjid atau jemaah yang tak ingin mengambil uangnya bisa dititipkan untuk buka puasa bulan Ramadan tahun depan.

Dalam seruan ini, status tanggap darurat bencana non alam virus Corona (Covid-19) terus diperpanjang.

Umat Islam sendiri diminta agar mendukung dan menaati keputusan pemerintah pusat dalam percepatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.