by

PSBB Banjarbaru dan Banjar Diterapkan Mulai Sabtu, 16 Mei 2020

Banjarmasinnews.com – Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar siap melaksanakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada hari Sabtu, 16 Mei 2020.

Sebelumnya Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan meminta Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarbaru mulai menerapkan PSBB Kamis (14/5), akan tetapi kedua daerah ingin persiapan lebih matang sehingga minta pelaksanaan, Sabtu dinihari.

Hal ini dilakukan agar persiapan PSBB yang dilaksanakan lebih matang sesuai saran dari Ketua Satgas Pengamanan PSBB yang juga Dandim 1006/Mtp.

“Persiapan memerlukan waktu seperti memasang tenda, briefing pasukan, termasuk mencoba alat komunikasi karena titik-titik pengamanan cukup jauh disamping persiapan komando agar tetap satu komando,” Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banjar dr Diauddin.

Sementara itu, secara terpisah Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie dalam konferensi persnya di gedung Idham Chalid, Rabu (13/5) sore mengatakan “Hasil rapat sore hari ini dengan gugus tugas kabupaten/kota khususnya terkait dengan pelaksanaan PSBB. Kami sudah sepakat bahwa PSBB di 3 daerah itu dimulai 16 Mei jam 00.01 Wita sudah mulai sesuai dengan protokol penanganannya”.

Direncanakan sebelum memulai PSBB Sabtu nanti, Pemerintah KAbupaten Banjar akan melakukan simulasi pada Jumat (15/5) untuk mematangkan kesiapan PSBB.

Simulasi akan diterapkan di 6 kecamatan yakni Kertak Hanyar, Gambut, Tatah Makmur, Sungai Tabuk, Martapura Timur, dan Martapura Kota.