by

PSBB Kota Banjarmasin di Setujui Kemenkes, Berlaku Awal Ramadhan

Banjarmasinnews.com – Permohonan Kota Banjarmasin untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan.

Setelah sebelumnya permohonan sempat dikembalikan untuk melengkapi berkas dan data yang diperlukan sebagai Kota yang layak melakukan PSBB, Kota Banjarmasin akhirnya mendapatkan restu dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemberlakuan PSBB sendiri rencananya akan dilaksanakan mulai awal Ramadhan nanti.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Propinsi Kalimantan Selatan, Machli Riyadi mengatakan, langkah awal setelah SK PSBB diterima adalah melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat.

“Sosialisasi dulu sekitar empat hari ke depan. Jadi Insya Allah mudah-mudahan rencananya nanti di hari Kamis atau Jumat dimulai, pas awal Ramadhan pertama.”

Selama proses sosialisasi, pihak pemerintah kota Banjarmasin juga saat ini tengah mendata masyarakat untuk mendapatkan bantuan selama PSBB.

“Mempersiapkan juga bantuan kepada orang-orang yang terdampak dari kebijakan ini, terutama bagi mereka yang ekonominya menengah kebawah, orang-orang miskin lah,”lanjutnya.

Dengan adanya Surat Keputusan PSBB dari Kementerian Kesehatan ini, Machli berharap seluruh masyarakat Kota Banjarmasin bisa mentaati dan memahami kebijakan PSBB tersebut.Sebab, kata dia, akan ada saksi kepada para pelanggar.

“Sebelum-sebelumnya kan tak ada sanksi, nah sekarang kalau melanggar ada sanksinya, sekarang kita sedang buat aturannya,”kata Machli mengakhiri keterangannya.