by

Rambut Rontok dan Menipis, Tanda Kekurangan Vitamin B, Benarkah?

Banjarmasin News – Tak banyak yang mengetahui bahwa rambut yang mudah rontok dan semakin menipis menandakan anda kekurangan Vitamin B, khususnya vitamin B12 atau biasa disebut asam folat.

Kondisi rambut rontok masih wajar jika terjadi hanya maksimal 50 sampai dengan 100 helai perharinya, akan tetapi jika kerontokan rambut mengakibatkan rambut anda juga terlihat menipis dan bahkan menimbulkan kebotakan, maka itu pertanda bahwa tubuh anda kekurangan nutrisi.

Sebuah penelitian yang dilakukan ditahun 2018 dan telah diterbitkan dalam jurnal Dermatol Ther yang dimuat dalam NCBI menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dan folat mampu menimbulkan kerontokan rambut atau alopesia.

Hal tersebut dinilai wajar karena saat tubuh tak mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup, maka sebagai bentuk pertahanan tubuh, ia akan mengorbankan bagian tubuh yang ia rasa “tidak begitu penting”, dan bagian itu adalah rambut.

Jadi rambut yang rontok lebih banyak akan menghemat penggunaan vitamin di dalam tubuh sehingga bisa digunakan untuk organ yang lebih penting perannya. Jadi, jika merasa rambut rontok parah, itu tandanya anda kekurangan vitamin B12, segeralah konsumsi vitamin secara teratur setiap harinya