by

Tak Ada Gejala Covid-19, Ibnu Sina Tak Akan Tes Swab

Banjarmasin News – Walikota Banjarbaru yang terindikasi covid-19, sebelumnya sempat bertemu dengan walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Karena itu sempat ada rencana untuk dilakukan tes swab terhafap orang nomor satu di Banjarmasin tersebut.

Namun Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Machli Riyadi pada Rabu (29/7/2020) usai menjadi narasumber di suatu kegiatan, menegaskan bahwa pihaknya tidak ada menjadwalkan untuk menswab pak wali kota (Ibnu Sina).

“Pak wali aman-aman saja,” tegas Machli.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut menilai, tak ada indikasi maupun gejala sama sekali dari Ibnu Sina yang mengarah untuk dilakukan swab.

Hal imi merujuk pada buku pedoman 5 Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang menjadi acuan seluruh daerah dalam pencegahan pengendalian Covid-19, termasuk di Kota Banjarmasin.

“Jadi pak wali itu tidak ada kontak erat seperti yang dimaksud dalam buku pedoman 5. Kalau hanya duduk satu meja, itu tidak bisa dikatakan kontak erat,” lanjutnya.

Selain itu menurut Machli, dalam buku pedoman 5 menyebut bahwa tes swab tidak boleh dilakukan terhadap semua orang. Pengambilan spesimen lendir ini hanya ditujukan pada kriteria tertentu.

“Sekarang tes swab harus sesuai ketentuan indikasi. Jangan sembarangan swab, kalau sembarangan bisa menghabiskan keuangan negara. Swab itu mahal,” katanya.

Sebelumnya diberitakan Ibnu Sina berencana ingin melakukan tes swab. Ia pun mengaku sudah berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.