by

Tol Banjarbaru Batulicin Masih Terpisah Sungai

BanjarmasinNews, Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini terus menggenjot pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Banjarbaru dan Batulicin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bina Marga, M Yasin Toyib menjelaskan, tahun ini pembangunan jembatan menjadi fokus mereka.

Sementara itu berdasarkan pantauan beberapa badan jalan yang sudah terbentuk ternyata belum menyatu seluruhnya, karena beberapa titiknya masih dipisahkan oleh sungai, karena itu perlu dibangun sejumlah jembatan sebagai penghubung, supaya kendaraan bisa melintas.

Menurut informasi dari Roy  saat ini ada empat jembatan yang masih dalam tahap pembangunan. “Empat jembatan itu yakni, Jembatan Sungai Apuy 1, Apuy 2, Sungai Temuni, dan Sungai Kusan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp68, 243 miliar,” katanya.

Untuk jembatan Apuy 1 yang dengan panjang 30 meter dan Apuy 2 sepanjang 60 meter akan menghabiskan dana Rp33,666 miliar.

Sedangkan, Jembatan Temunih (30 meter) dan Kusan (60 meter) senilai Rp34, 577 miliar. Proyek tersebut sudah berjalan sejak bulan Mei dan diperkirakan selesai di bulan Desember.

Saat ini proses pembangunan keempat jembatan itu baru sekitar 36 persen. Namun, diharapakan beberapa pekan ke depan, proses pengerjaan akan lebih ditingkatkan agar sesuai target yang telah direncanakan.