Lahan Gambut di dekat Bandara Syamsudin Noor Terbakar

13

Banjarmasin News – Potensi kebakaran hutan memang kembali menjadi dilema dimusim kemarau. Meskipun berbagai upaya coba dilakukan oleh Pemerintah Daerah yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), akan tetapi beberapa titik api mulai terlihat di daerah rawan kebakaran hutan.

Kebakaran kembali terjadi di area Guntung Damar, Kelurahan Guntung Payung, Banjarbaru yang letaknya tidak jauh dari kawasan bandara Syamsudin Noor.

Dalam dua hari ini saja kebakaran lahan gambut sudah mencapai 20 hektare. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel bersama relawan selama dua hari ini harus bekerja keras. Salah satu yang menjadi kendala utama, adalah lahan yang terbakar adalah jenis lahan gambut. Di lahan model ini, api sulit untuk dipadamkan karena biasanya muncul dari dalam tanah.

Memang berdasarkan perkiraan BPBD Kalsel, tahun ini kemunculan titik api tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian pihaknya tetap siaga optimal untuk menghadapi puncak kebakaran lahan pada Agustus-September ini. BPBD Kalsel telah menyiagakan 1.500 personel yang terdiri dari berbagai unsur untuk menanggulangi karhutla.