Beranda Banjarbaru Banjarbaru mempersiapkan langkah menuju "SMART CITY"

Banjarbaru mempersiapkan langkah menuju "SMART CITY"

7
0
Banjarbaru, (Antaranews Kalimantan Selatan) – Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sedang mempersiapkan kota cerdas yang merupakan salah satu dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia yang memiliki status tersebut.

"Kami telah menyiapkan langkah untuk menjadi salah satu dari 100 kota kota pintar," kata Kepala Komunikasi dan Informatika Banjarbaru Johan Ariffin di Banjarbaru, Rabu.

Dia mengatakan bahwa salah satu langkah yang diambil adalah untuk mengatur bimbingan teknis dari fase 1 gerakan menuju 100 Smart City bekerjasama dengan Bappeda Banjarbaru.

Dijelaskan, tujuan bimbingan teknis adalah sebagai tindak lanjut dari penyusunan masterplan kota cerdas pada pemilihan Kota Banjarbaru sebagai salah satu "Kota Pintar" di Indonesia.

"Banjarbaru terpilih menjadi bagian dari 50 kota pintar kabupaten / kota yang dipilih pada Maret 2018. Saya dan Kepala Bappeda telah menyampaikan kesiapan Banjarbaru," katanya.

Disebutkan, jumlah kota / kabupaten yang ditetapkan sebagai kota pintar pada 2017 sebanyak 25, maka pada 2018 terpilih lagi 50 kabupaten / kota dari 124 kabupaten / kota yang terpilih.

"Direncanakan tahun 2019 akan ada 25 kabupaten / kota yang dipilih sehingga bahkan 100 kota / kabupaten kota pintar tersebar di berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi internal kepada anggota tim DPRD Banjarbaru dan Smart City pada Juni 2018 sebagai tahap persiapan.

"Sosialisasi ini dilakukan agar semua pihak terkait dapat memainkan peran sesuai dengan tugas dan fungsi mereka untuk mewujudkan kota kota pintar yang merupakan bukti kemajuan sebuah kota," katanya.

Tim konselor Kota Pintar / Kota Pintar teman kota Banjarbaru Nicodemus Simu mengatakan, kota pintar adalah program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, agar Indonesia menjadi Negara Cerdas.

"Kota Cerdas melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Departemen Dalam Negeri, Departemen Keuangan, Kemenpan, Bappenas, kantor staf kepresidenan, dan kementerian ekonomi," katanya.

Ditambahkan, 540 kabupaten / kota lolos seleksi administratif karena dianggap memiliki kemampuan keuangan daerah mendukung kota cerdas, indeks kota berkelanjutan untuk sektor terkemuka.

"Banjarbaru memiliki sektor pendidikan, perdagangan, pemerintahan dan pemukiman terkemuka, serta daftar kota-kota berkinerja tinggi, indeks kota hijau dan bahkan distribusi pembangunan," katanya.

sumber : AntaraNews Kalsel