Beranda Banjarbaru Kerjasama Camat-Dishut untuk menanam pohon

Kerjasama Camat-Dishut untuk menanam pohon

9
0
Martapura, (Antaranews Kalimantan Selatan) – Semua kecamatan di Kabupaten Banjar, setuju untuk bekerja sama menanam bibit pohon dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan untuk melestarikan lingkungan.

Penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak disaksikan oleh Bupati Banjar Khalilurrahman di sela-sela gabungan lingkup apel Kabupaten Banjar pada hari Senin diikuti oleh ratusan pegawai negeri sipil.

"Kami sangat mendukung langkah-langkah dari Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan yang bekerja sama dengan camat dalam upaya untuk melestarikan lingkungan melalui penanaman bibit pohon," kata bupati.

Menurut bupati, langkah-langkah yang dilaksanakan oleh Dishut Kalimantan Selatan pasti akan membawa kelestarian lingkungan karena melibatkan aparat sipil negara yang dapat menjadi contoh masyarakat.

"Kami meminta semua camat untuk mendorong bawahan mereka untuk membuat kesepakatan sehingga program yang bertujuan menyelamatkan lingkungan dapat direalisasikan," tulisnya.

Sekretaris Dishut Kalsel Rahmadin MY mengatakan bahwa perjanjian antara semua camat di Kabupaten Banjar adalah realisasi program revolusi hijau yang dijalankan oleh provinsi.

"Program revolusi hijau adalah gagasan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang diikuti oleh Kadishut Kalsel Hanif Faisol dengan memulai penerbitan peraturan daerah," katanya.

Dijelaskan, program revolusi hijau adalah bagian dari skenario besar atau rencana sehingga semua lahan kritis di Kalimantan Selatan dapat dikurangi dalam waktu yang relatif singkat.

Disebutkan, luas lahan kritis di Kalimantan Selatan mencapai 640 ribu hektare dan pada 2016 hanya sebanyak 8 ribu hektare perbaikan dan 2017 mencapai 16 ribu hektare.

"Target kami pada 2018, peningkatan lahan kritis bisa mencapai 35 ribu hektar dan kami membutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan rencana besar ini," katanya.

Dikatakan bahwa revolusi hijau adalah program bersama dari semua pihak terkait dan tidak hanya program dari gubernur tetapi pelaksanaannya didukung dalam bentuk peraturan daerah.

"Rezim revolusi hijau di Kalimantan Selatan telah disetujui sehingga hanya menunggu peraturan gubernur sebagai dasar untuk implementasi peraturan daerah," katanya.

Penandatanganan perjanjian ditandai dengan serah terima simbolis benih kayu manis yang diajukan oleh Sekretaris Kalimantan Selatan kepada wakil dari kecamatan yang disaksikan oleh bupati Banjar.

sumber : AntaraNews Kalsel