Beranda Banjarbaru Polisi Banjarbaru membentuk URC Mencegah Kejahatan Jalanan

Polisi Banjarbaru membentuk URC Mencegah Kejahatan Jalanan

7
0
Banjarbaru, Kepolisian Kalimantan Selatan, membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) yang siap dikerahkan kapan saja untuk mencegah dan mengantisipasi kejahatan jalanan di kota.

"Kami telah membentuk sebuah URC yang personelnya dikerahkan untuk mencegah dan mengantisipasi semua bentuk kejahatan termasuk kejahatan jalanan," katanya di Kota Banjarbaru pada hari Kamis.

Ia mengatakan personel URC siap bergerak setiap saat untuk melakukan upaya mencegah terjadinya tindak kejahatan dan mengantisipasi kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

Dijelaskan, pembentukan unit khusus ini sejalan dengan peningkatan tindakan kriminal yang juga terjadi di banyak daerah di Indonesia seperti pemerasan, perampasan dan perampasan

"Meskipun kejahatan jalanan di Kota Banjarbaru belum terjadi, tetapi kami mengantisipasinya dengan membentuk URC agar orang tidak khawatir dan merasa terlindungi, "katanya.

Menurut dia, personel URC siap untuk mengambil tindakan yang menentukan tetapi terukur jika mereka menemukan kejahatan jalanan untuk mencegah para penjahat melarikan diri atau membahayakan orang lain.

"Tindakan tegas tetapi terukur akan diambil oleh personel jika pelaku mengancam keselamatan orang lain dan mencoba melarikan diri sehingga tindakan itu diambil untuk melumpuhkan," katanya.

Dikatakan, Banjarbaru dan orang luar tidak perlu khawatir apalagi menjadi korban kejahatan jalanan karena personil polisi siap memberikan rasa aman dan nyaman.

"Kami meminta siapa pun untuk tidak takut untuk datang ke Banjarbaru karena personel kepolisian siap memberikan rasa aman dan nyaman," kata perwira menengah itu lulus dari kadet 2000.

Ditambahkan, publik harus menggunakan tombol panik yang ada di aplikasi Siharat atau Siap Menghadapi Berbagai Kejahatan yang dioperasikan Kepolisian Banjarbaru.

"Jika orang menjadi korban atau mengetahui terjadinya kejahatan maka dapat menekan tombol panik dalam aplikasi Siharat dan personil polisi segera tiba di lokasi," katanya.

sumber : AntaraNews Kalsel