Pemko Banjarmasin Bikin Film Jendela Seribu Sungai Dengan Anggaran Milyaran Rupiah, Ketua DPRD: Apa Urgensinya?

Banjarmasin News – Pemerintah Kota Banjarmasin saat ini sedang menggarap sebuah film dengan judul Jendela Seribu Sungai. Film ini disutradarai oleh Jay Sukmo dan diproduseri Avesina Soebli bersama Aris Muda ini membawa tema budaya banjar sebagai latar belakangnya.

Diketahui film ini juga menghadirkan beberapa artis ibukota, seperti Mathias Mucus, Bimasena, Agla Arta Lidia, Ajil Ditto, Olla Ramlan hingga Bopak Costello.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina juga diketahui ikut berperan dalam film tersebut sebagai Walikota Banjarmasin.

Berdasarkan informasi dari situs LPSE Kota Banjarmasin, pembuatan film tersebut menelan anggaran hingga 6 miliar rupiah yang diambil dari APBD.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya mempertanyakan urgensi film tersebut dibandingkan dengan fasilitas publik atau kepentingan masyarakat.

“Prinsipnya kalau keluar uang, apasih feedback bagi kita? Paling tidak, apasih keuntungannya?,” katanya, Senin (14/11/2022) dihadapan wartawan.

Harry mengatakan ia tak mempersoalkan jika film tersebut memberi edukasi untuk masyarakat Banjarmasin.

“Kalau itu oke. Tapi jika hanya untuk hiburan, lebih baik (anggarannya) kita pos kan untuk yang lebih urgen lah,” katanyanya.

Disingung soal DPRD kecolongan dalam dugaan proyek film itu tak ada dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA), Harry menyatakan, pihaknya masih menelusuri kegiatan pembuatan film itu masuk dalam RKA atau tidak.

“Bicara soal anggaran biasanya karena alotnya pembahasan,” lanjutnya.

Harry pun mengintruksikan, komisi terkait untuk melakukan RDP dengan dinas terkait, guna kejelasan dan urgensi proyek film ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *