oleh

Cemas Berlebih Bisa Turunkan Imun Tubuh

-Kesehatan

Banjarmasinnews.com – Selama pandemik Covid-19 terjadi di Indonesia, pemerintah telah melakukan langkah antisipasi dengan memberikan arahan untuk tetap dirumah, jaga jarak dan juga melakukan pembatasan dalalam skala besar.

Sebagian orang yang terbiasa keluar rumah tentunya hal ini sangat membosankan, terlebih saat mereka mendapatkan informasi yang tidak pasti kapan akan berakhirnya wabah ini.

Kecemasan pastinya akan terjadi disaat adanya ketidakpastian, akan tetapi kita harus bisa mengontrol agar cemas yang tidak berlebih, karena hal tersebut bisa mengakibatkan turunnya sistem imun dalam tubuh dan akan mudah untuk mengundang penyakit.

Dikutip Banjarmasin News dari channel Youtube AndriPsikosomatik, Andri mengatakan “Perasaan cemas berlebih akan mempengaruhi sistem imun menjadi turun dan mudah terserang penyakit, karena kalau cemas, sel darah putih kita akan mengalami penurunan, Karena kalau kita cemas, kortisol atau hormon cemas akan meningkat. Itu yang meningkatkan imflamasi,” jelasnya.

Jika imflamasi meningkat peradangan akan menjadi lebih banyak di dalam tubuh. Kemudian kortisol meningkat dan sel T Helper yang berguna sebagai imunitas antigen yang masuk ke tubuh justru berkurang.

Hal itu yang menyebabkan kalau orang stres akan gampang imunitas turun dan itu gampang badan lemes, gak bergairah, sakit,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *