Beranda Kuliner Cara Membuat Sambal Cibiuk Sedap dan Segar

Cara Membuat Sambal Cibiuk Sedap dan Segar

8
0
Jakarta – Sambal Sederhana adalah ciri khas sambal di Jawa Barat. Salah satunya sambal dari Cibiuk, Garut yang rasanya pedas, asam dan segar.

Membuat saus tidak sulit asalkan bahannya segar dan dipilih yang terbaik, tentu rasanya enak. Seperti sambal dari distrik Cibiuk, Garut terkenal enak.

Bahan utama cabai hijau atau cabai merah atau cabai merah. Untuk mencampurkan saus Cibiuk yang lezat, catat beberapa hal penting ini.

Foto: iStock

1. Green cayenne
Cabe rawit adalah bahan utamanya, pilih yang segar dan cukup tua. Jangan mencampur cabai tua dan muda agar aromanya tidak lemas. Cabut tangkai cabai dan cuci dan tiriskan.

2. Tomat hijau
Renyah tomat hijau, asam segar dan banyak air sehingga campuran cabai ini. Pilih tomat hijau yang halus, hijau seragam dan keras. Hindari memakai tomat yang rusak atau berlubang. Hapus batang dan cuci dan kemudian diiris kasar.

  Ini Jalan Membuat Cibiuk Sambal Sedap dan Segar Foto: iStock

3. Bawang dan kencur
Untuk menyiapkan saus sambal ini, 20 cabai merah, 2 bawang merah, 1 bawang putih cengkeh, 1/2 cm kencur, 1/2 sdt gula dan 1/2 sdt garam dan 5 buah tomat hijau.

  Ini Jalan Membuat Cibiuk Sambal Sedap dan Segar Foto: iStock

4. Chilli pound
Pound atau cabai hijau dengan gula dan garam hingga encer dan menjadi serpih sedikit kasar. Tambahkan bawnag merah dan bawang putih dan kencur, gerus hingga tercampur rata dan agak halus.

Terakhir, taruh tomat hijau diiris kasar, dihaluskan atau digelehkan menjadi percikan kasar. Jangan terlalu halus, karena karakteristik cabai ini agak kasar teksturnya. Jika Anda suka dapat disajikan dengan basil.

(Odi / Odi)