Beranda Kuliner Saus Sup Dicelup dan Dijahit Jadi Khas Karakteristik Mie Celor

Saus Sup Dicelup dan Dijahit Jadi Khas Karakteristik Mie Celor

7
0
Jakarta – Selain pempek dan tekwan, Palembang juga memiliki hidangan mie yang enak. Mie celor dengan saus kental, nikmat dimakan hangat-hangat.

Penjual mie khas Palembang ini sering ditemukan di beberapa warung atau restoran di Palembang. Ramuan mie yang satu ini sering dinikmati oleh masyarakat Palembang saat sarapan. Jika dilihat dari profil bumbu masakan Palembang, itu kebanyakan ditambahkan dengan ebi untuk menghasilkan aroma gurih yang khas.

Seperti pempek, hidangan mi ini juga diadaptasi dari kuliner Cina. Saus ini mengingatkan pada mie jadi ciri khas makanan khas Cina Selatan.


Foto: detikTravel

Kata & # 39; Celor & # 39; bukan berasal dari tambahan telur di dalamnya. Namun, celor di Palembang berarti & # 39; mencelupkan & # 39; saat dimasak. Serta mie goyang Bandung dan mie kopyok Semarang.

Mie celor memakai sejenis mie telur basah. Beberapa datar dan beberapa seperti mie lidi atau hokkien. Tidak seperti jenis mie lainnya, mie celor memiliki saus yang unik. Warnanya putih keruh dengan bau udang uang yang kuat.

Baca juga: Pie guror lezat dari Celor Palembang dapat dibuat dengan cara ini

Di Palembang, biasanya penjual mie membuat mie telur mereka sendiri yang akan diproses. Selain mie, sup juga merupakan ciri khas dari mie celor. Dibuat sederhana, kaldu udang dimasak bersama dengan susu, santan, merica, gula dan garam. Setelah mendidih perlahan masukkan telur dan tepung dan aduk terus sampai mendidih dan kental.

Mie telur dan tauge direndam ke dalam air mendidih. Setelah itu sisihkan di atas piring kemudian disiram dengan saus putih kental. Sebagai pelengkap, mie celor juga disajikan dengan daging ayam, potongan udang, telur rebus dan taburan bawang goreng dan daun bawang cincang.

  Gravur Dicelup dan Dituang Jadi Karakteristik Mie Celor Foto: Wikipedia

Sedang berada di Palembang, Anda dapat mencicipi mie celor legendaris di Warung Mie Celor 26 Ilir H. M Syafei Z yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 2, 26 Ilir, Palembang. Di warung ini, mienya tebal dan lurus dengan tekstur yang kenyal. Disiram dengan saus kental dengan rasa kaldu udang yang gurih.

Dikatakan bahwa mantan Presiden Megawati Soekarnoputri sangat menyukai ramuan mie H. syafei. Ini karena almarhum suaminya, Taufik Kiemas berasal dari Palembang. Mie celor H. Syafei buka dari pukul 10:00 hingga 20:00.

Di Jakarta, Anda bisa mencicipi Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak yang terletak di Jalan Biak No. 29, Cideng, Jakarta Pusat. Buktikan kelezatannya di sana!

Baca juga: Slruup! Sedapnya Mie Celor dari Palembang dan Mie Tiauw dari Pontianak! (2) (lus / lus)