Beranda Lifestyle Instagramable, Yuk Foto-Foto di Lapangan Banteng yang Kaya Sejarah

Instagramable, Yuk Foto-Foto di Lapangan Banteng yang Kaya Sejarah

6
0

Menurut buku karya Rachmat Ruchiat, "Asal Mula Nama Tempat di Jakarta", pada masa penjajahan Belanda, Lapangan Banteng disebut Lion Field. Nama itu digunakan karena di tengah lapangan dirajam peran memorial peringatan di Waterloo dengan patung berbentuk singa di tengah. Namun, monumen ini dihancurkan ketika Indonesia diduduki Jepang.

Setelah kemerdekaan Indonesia, nama Lapangan Singa digantikan dengan judul Lapangan Banteng. Selain pertimbangan nasionalisme, mengingat Singa erat kaitannya dengan simbol penjajah, nama bidang ini juga digunakan dengan pertimbangan bahwa di kawasan ini pernah dijumpai banyak satwa liar, seperti harimau, antelop, dan banteng.

Sekarang wajah Lapangan Banteng berubah total karena disempurnakan dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan bola, jogging track, lapangan voli, lapangan basket, dan tempat foto sangat instagramable

Tapi ada satu hal yang tidak berubah dan masih berdiri kokoh di daerah Lapangan Banteng, Monumen Pembebasan Irian Barat, sebuah monumen untuk mengenang para pejuang Trikora dan orang-orang Irian Barat yang masih ingin bersatu di NKRI. Irian sendiri adalah akronim dari Bergabungnya Republik Indonesia Anti-Belanda

Lapangan Banteng sekarang dilengkapi dengan lapangan sepak bola, jogging track, lapangan voli , lapangan basket, dan badminton tanah sehingga sangat Instagramable.