Lomba Mancing Ramah Lingkungan

2 bulan lalu 57

AMUNTAI – Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Amuba Desa Jumba menggelar lomba memancing ikan tawar di alam bebas se-Banua Anam (Tapin, HSU, HSS, HST, Balangan dan Tabalong, red) di Desa Kutai Kecil, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Sabtu (12/3).

Ketua Pelaksana, Muhammad Rasyid Ridha mengatakan, lomba ini digelar dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten HSU ke-70 tahun pada 1 Mei 2022 mendatang.

Di samping itu, untuk menjalin tali silaturahmi antar penghobi mancing di Banua Anam. Dan yang terpenting ungkapnya, menjadi sarana edukasi pada masyarakat untuk tetap menjaga ekosistem perairan rawa dan sungai dengan menggunakan alat pancing dan tangkap ramah lingkungan.

“Bila menangkap ikan jangan lagi menggunakan alat setrum dan putas (racun). Biasakan menggunakan alat tangkap seperti pancing yang juga sudah menjadi tradisi masyarakat Banjar,” sampainya.

Ada 51 peserta dari berbagai wilayah di Banua Anam. Ketentuan pemenang lomba ini adalah yang memperoleh jumlah ikan terbanyak.

“Besar atau kecil ikan tersebut tidak masalah. Kalau sama perolehan dari ikan yang didapat, maka akan ditimbang dari peroleh ikan. Untuk umpan dalam lomba tersebut bebas, kecuali umpan cacing,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati HSU Husairi Abdi, diwakili H Fajeri Ripani, selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata HSU memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini.

“Mudahan kedepannya bisa dilaksanakan lagi lomba seperti ini. Dan semoga kegiatan ini sukses dan lebih,” sampainya.

Terakhir Fajeri berpesan pada panitia dan peserta untuk menjunjung tinggi sportifitas dan lewat kegiatan ini masyarakat mengerti tentang menangkap ikan yang benar dan tidak merusak ekosistem perairan rawa dan sungai.

Lanjut Baca