Beranda Mancanegara Arab Saudi Tangkap Belasan Aktivis Perempuan

Arab Saudi Tangkap Belasan Aktivis Perempuan

3
0

Banjarmasinnews.com RIYADH – bagi perempuan dan memungkinkan menonton di stadion, bukan berarti Arab Saudi benar-benar wanita yang pantas.

Mereka sekarang disorot setelah penangkapan Hatoon al-Fassi. Nama terakhir ini dikenal sebagai aktivis hak wanita dan penulis buku Women in Pre-Islamic Arabia: Nabataea.

Insiden itu diekspos oleh lembaga hak asasi manusia al-Qaid dan aktivis Saudi di pengasingan Manal al-Sharif, tetapi rincian penangkapan tidak diungkapkan secara jelas, Reuters melaporkan bahwa orang-orang terdekat Fassi juga dibungkam.

Menjelang pembatasan pengangkatan di Saudi, pemerintah ingin menangkap aktivis perempuan, yang merupakan pejuang jangka panjang bagi perempuan yang bisa mengemudi.

Beberapa dari mereka adalah Loujain al-Hathloul, Eman al-Nafjan, Aziza al-Yousef serta orang-orang dari Ibrahim al-Modaimeegh, Mohammed al-Rabea, dan Abdulaziz al-Meshaal.

Kantor Jaksa Penuntut Umum Arab Saudi awal bulan ini mengungkapkan ada 17 orang yang ditangkap. Itu tidak termasuk Fassi. Delapan dari mereka akhirnya dibebaskan.

Jaksa menuduh para aktivis melakukan kontak yang mencurigakan dengan orang asing dan mereka mencari tersangka lain. Media lokal di Arab melabeli para aktivis sebagai pengkhianat.

Sementara itu, beberapa media asing mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi hanya tidak ingin para aktivis dinamai untuk pencabutan larangan mengemudi. Mereka ingin semua perhatian diarahkan ke pemerintah.

Sumber: Java Post