Beranda Mancanegara Duh, Sepertinya Donald Trump Telah Ditipu Korut

Duh, Sepertinya Donald Trump Telah Ditipu Korut

8
0

Banjarmasinnews.com WASHINGTON – Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton sedang mencoba untuk menenangkan masyarakat, bersikeras bahwa program nuklir Korea Utara dapat dilucuti dalam satu tahun dan bahwa pemerintah AS tidak hanya berjalan ke meja perundingan.

"Kami memahami sangat baik apa yang telah dilakukan Korea Utara di masa lalu, "katanya ketika diwawancarai oleh CBS pada program Face the Nation pada hari Minggu (1/7) seperti dikutip oleh Reuters.

Pernyataan Bolton tampaknya menjawab berita yang tersebar dua hari sebelumnya. Itu adalah, badan-badan intelijen AS percaya Korea Utara meningkatkan pengayaan uraniumnya beberapa bulan ini, jika memang bermaksud menghentikan program nuklirnya, Korea Utara tidak perlu memperkaya uranium.

Jika informasi disajikan oleh sumber NBC News benar, Presiden AS Donald cuitan Trump salah. Suami Melania mengklaim Pyongyang telah memulai proses penghancuran program nuklirnya. Trump bahkan menegaskan bahwa Korea Utara bukan lagi ancaman.

Lima sumber di pemerintahan internal AS mengungkapkan bahwa Pyongyang memiliki lebih dari satu tempat rahasia untuk mendukung program nuklirnya. Apa yang dikenal luas oleh publik adalah fasilitas produksi bahan bakar nuklir Yongbyon.

"Ada bukti kuat bahwa mereka mencoba untuk menipu Amerika Serikat," kata seorang pejabat seperti dikutip oleh NBC.

Korea Utara terus memperkaya uranium, bahkan menjelang momen bersejarah pertemuan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan Trump di Singapura. Produksi Pyongyang lebih dari sebelumnya.

CIA menolak mengomentari laporan NBC News. Departemen Luar Negeri juga melakukan hal yang sama. Mereka mengaku belum mengkonfirmasi info dan tidak mau berkomentar tentang urusan intelijen. Setali tiga uang, Gedung Putih tutup mulut.

Sumber: Java Post