Beranda Mancanegara Erdogan Tunjuk Menantunya Jadi Menteri Keuangan

Erdogan Tunjuk Menantunya Jadi Menteri Keuangan

3
0

Banjarmasinnews.com ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak menyia-nyiakan, (19659003) Sebagaimana diketahui, tahun lalu Turki mengadakan referendum untuk mengubah sistem pemerintahan dari parelementer menjadi presiden dan menghasilkan mayoritas setuju untuk mengubah itu

Penggantian sistem ini memberi Erdogan kekuatan yang sangat besar, sekarang dia memegang kendali penuh atas dinas militer dan intelijen, memiliki kewenangan untuk mengeluarkan keputusan dan memilih sebagian besar hakim senior.

Erdogan juga dapat menunjuk wakil presiden, menteri dan campur tangan dalam proses hukum, dan itu yang dia lakukan kemarin, Senin (9/7).

E rdogan menjalani prosesi sumpah di gedung parlemen kemarin. Setelah itu, ia mengumumkan bahwa menantunya, Weight Albayrak akan melayani sebagai menteri keuangan di kabinetnya.

"Kami telah meninggalkan sistem yang menempatkan negara dalam keadaan gejolak ekonomi dan politik," kata Erdogan di Istana Presiden Turki, Ankara kemarin. "Ini adalah awal yang baru," tambahnya.

Politisi senior yang memenangkan pemilihan bulan lalu berjanji untuk menggunakan kekuatannya untuk mendorong Turki lebih baik.

Namun, banyak yang khawatir bahwa Erdogan akan berubah menjadi tiran dan menghancurkan demokrasi. Berkaca pada penangkapan ratusan ribu orang tanpa proses hukum pasca-kudeta yang gagal dua tahun lalu dan sekarang penunjukan menantunya untuk melayani, kekhawatiran tampaknya masuk akal. Sumber: BBC