Beranda Mancanegara Mahathir Bicara soal WNI Halal dan Tak Legal di Malaysia

Mahathir Bicara soal WNI Halal dan Tak Legal di Malaysia

3
0

Banjarmasinnews.com – Kewarganegaraan Negara Indonesia (WNI) di Malaysia adalah keprihatinan Perdana Menteri Mahathir Mohamad ketika dia bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor di Jawa Barat dan bahkan 92 tahun menyebutkan istilah halal dan haram.

Kedua istilah mengacu pada warga negara Indonesia yang datang ke negara tetangga sesuai dengan prosedur yang dilakukan secara diam-diam dan tanpa dokumen imigrasi.

"Kami juga menyadari bahwa orang Indonesia yang tinggal di Malaysia datang untuk halal, beberapa datang secara ilegal," kata Mahathir pada hari Jumat (29/6). )

Hanya saja kekhawatiran suami Siti Hasmah Mohamad Ali adalah warga negara Indonesia yang datang ke negaranya secara sah, terutama karena kebanyakan dari mereka pergi ke Malaysia dengan anak-anak mereka.

"Anak-anak mereka perlu diajarkan dan pergi ke sekolah," kata Mahathir, Jumat (29/6).

Diakui sekolah untuk anak-anak Indonesia di negaranya masih minim. Saat ini, fasilitas pendidikan baru ini ada di Semenanjung. Itu pun belum cukup.

"Tapi di Sabah-Sarawak tidak ada sekolah Indonesia untuk anak-anak Indonesia untuk tinggal di sabah dan kawak, ini akan diperbaiki," katanya.

Jokowi yang pertama kali menyampaikan pernyataan pers pada kesempatan itu mengaku mempercayakan perlindungan pekerja migran di Malaysia. Termasuk pembangunan sekolah untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di negara tetangga. (fat / jpnn)