Beranda Mancanegara Satgas Latma Multilateral RIMPAC 2018 Sambut Wakasal

Satgas Latma Multilateral RIMPAC 2018 Sambut Wakasal

6
0

Banjarmasinnews.com HAWAII – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Achmad Taufiqoerrochman mengunjungi Tentara Angkatan Laut yang menjadi anggota Satuan Tugas Multilateral Pasukan Pasifik Pasifik (RIMPA) 2018 di Pearl Harbor, Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, Jumat (6/7) / 2018).

Setibanya di Bandara Honolulu, kedatangan Wakasal disertai Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono disambut oleh Wakil Laksamana Pertama Agus Hariadi sebagai Dansatgas Latma Multilateral Rimpac 2018 bersama dengan Atase Pertahanan Indonesia untuk Amerika Serikat Marsekal Pertama TNI Jakarianto.

Rombongan Angkatan Darat Kedua di Angkatan Laut Angkatan Laut tiba di bandara Hawaiian Honolulu, langsung ke KRI Makassar (MKS) – 590 yang pada saat itu berlabuh di Dermaga Siera 1a JBPHH (Bergabung dengan Pangkalan Mutiara Harbor Hickam) sejajar dengan KRI Raden Eddy Martadinata (REM) – 331.

Setelah menerima laporan dari Kolonel Laut (P) Andri Kristanto sebagai Petugas Operasi (Pasops) Satya Latil Multilateral Rimpac 2018, Wakasal memberikan panduan kepada semua Prajurit yang terlibat dalam Latma tingkat internasional.

Wakasal dalam arahannya di dek helm KRI MKS-590 kepada semua Prajurit, mengatakan bahwa Latma Multilateral Rimpac 2018 adalah untuk menunjukkan komitmen internasional dalam rangka meningkatkan kemampuan maritim dalam serangkaian kerja sama untuk mempertahankan jalur laut, melindungi kepentingan dari negara di luar negeri dan menjamin navigasi di wilayah pasifik.

"Latma Multilateral Rimpac 2018 juga merupakan bentuk Diplomasi serta menunjukkan Keberadaan TNI AL di mata dunia internasional," kata Wakasal.

Selain itu, Wakasal menyarankan semua Warriors untuk menyerap sebanyak mungkin pengetahuan dalam latihan Latihan, dan untuk melaksanakan seluruh rangkaian latihan sebaik mungkin. Karena seluruh prajurit yang terlibat Latma Multilateral Rimpac 2018 adalah delegasi Indonesia yang membawa nama baik Negara Indonesia dan Angkatan Laut pada khususnya.

Pada kesempatan itu, Wakasal dan rombongannya juga mengunjungi tentara Korps Marinir Angkatan Laut yang menjadi anggota Satuan Tugas Multilateral Latem Rimpac 2018 di Korps Marinir AS (MCBH) Resimen ke-3, AS.