Beranda Mancanegara Tawaran Dr M ke Jokowi demi Tuntaskan Perbatasan Malaysia-RI

Tawaran Dr M ke Jokowi demi Tuntaskan Perbatasan Malaysia-RI

6
0

Banjarmasinnews.com BOGOR – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menawarkan solusi untuk menyelesaikan masalah perbatasan negaranya dengan Indonesia yang belum selesai. Tawaran ini adalah salah satu masalah yang dibahas dalam pertemuan politisi senior Malaysia dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat pada hari Jumat (29/6))

Mahathir menawarkan solusi dalam bentuk konsep yang telah dilakukan Malaysia dengan Thailand, yaitu pengembangan kawasan perbatasan yang saling menguntungkan

"Kami perlu menerima bahwa ada kebutuhan untuk koeksistensi antara Indonesia dan Malaysia karena Malaysia memiliki kemitraan dengan Thailand. Padahal kami mengadakan pembangunan bersama "kata Mahathir.

Namun, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi belum meninjau konsep yang ditawarkan oleh Mahathir, mengatakan bahwa Indonesia memang memiliki batas darat dan laut terpanjang dengan Malaysia. [19659003] Menurut Retno, pemerintah Indonesia ingin kedua negara untuk fokus pada penyelesaian perbatasan yang disepakati dan yang belum selesai, dan karena itu diskusi tentang masalah ini akan diintensifkan.

"Perlu mengintensifkan negosiasi agar hasilnya. Beberapa titik garis yang disetujui kami usulkan untuk memformalkannya sehingga akan terlihat mana yang belum selesai, "katanya. (fat / jpnn)