Beranda Nasional Bawaslu pertimbangkan gelar coblos ulang Pilgub Sumsel di Palembang

Bawaslu pertimbangkan gelar coblos ulang Pilgub Sumsel di Palembang

9
0

Banjarmasinnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menganggap merekomendasikan pemilihan ulang (PSU) untuk pemilihan gubernur Sumatera Selatan di Palembang. PSU ini diminta oleh tim advokasi nomor urut 4 Dodi Reza Alex-Giri Ramandha Kiemas karena pelanggaran ditemukan.

Kepala Bawaslu Sumsel, Junaidi mengungkapkan, pihaknya telah menerima laporan dari tim Dodi-Giri Paslon terkait dengan sejumlah dugaan penyimpangan. Misalnya, daftar pemilih tetap (DPT) ganda, saksi yang tidak menerima C-6, dan beberapa tuduhan lainnya.

"Kami akan meninjau laporan ini, setidaknya kami perlu lima hari ke depan," kata Junaidi, Senin (2/7).

Menurutnya, jika terbukti ditemukan pelanggaran menurut laporan, itu akan merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengadakan pemungutan suara lagi

"Kami akan memeriksa apa hasilnya, apa kebutuhan untuk PSU atau tidak, "katanya.

Selain Pilgub Sumatra Selatan, katanya, ada empat pilkada yang juga menuntut PSU. Yakni pemilihan Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, dan Banyuasin. Ini setelah beberapa paspas mengeluh tentang hasil dan proses pemungutan suara pada 27 Juni 2018.

"Termasuk empat wilayah yang masih kami periksa, kami memanggil saksi untuk keputusan lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, tim advokasi kloning Dodi-Giri, Sulastriana mengakui bahwa dia telah mengunjungi kantor Bawaslu Sumsel untuk melaporkan Komisi Pemilihan Umum Palembang yang dianggap tidak berhasil dalam menyelenggarakan pemilihan

"Kami telah meminta PSU untuk diselenggarakan di Palembang, "katanya.

Menurut dia, permintaan itu karena banyak ditemukan pelanggaran di lapangan. Di antara mereka, DPT bermasalah tetapi masih digunakan, saksi tidak menerima salinan DPT, saksi tidak mendapatkan C1-KWK, mobilisasi surat suara di tempat pemungutan suara (penambahan surat suara), dan berbagai lainnya. pelanggaran.

"Contoh kecil, penambahan kertas suara, 50 kertas suara pertama dan kedua kertas suara ke-175, tidak tahu dari mana surat suara itu berasal, yang berarti ada pelanggaran, belum lagi temuan lain yang kami peroleh," katanya. kata. (F, b, e, v, n, t, s) if (f.fbq) kembali; n = f.fbq = function () n.callMethod?
n.callMethod.apply (n, argumen): n.queue.push (argumen); if (! f._fbq) f._fbq = n;
n.push = n; n.loaded =! 0; n.version = & # 39; 2.0 & # 39 ;; n.queue = []; t = b.createElement (e); t.async =! 0;
t.src = v; s = b.getElementsByTagName (e) [0]; s.parentNode.insertBefore (t, s) (window,
dokumen, & # 39; skrip & # 39 ;, & # 39; https: //connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
fbq (& # 39; init & # 39 ;, & # 39; 833492313416407 & # 39;);
fbq (& # 39; track & # 39 ;, & # 39; PageView & # 39;);