Beranda Nasional BI minta agar perbankan tidak naikkan suku bunga kredit

BI minta agar perbankan tidak naikkan suku bunga kredit

4
0

– Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa Suku Bunga Reverse Repo 7-hari meningkat 50 basis poin (bps) menjadi 5,25 persen tidak seharusnya diikuti oleh sektor perbankan. Menurut dia, bank tidak memiliki alasan untuk menaikkan suku bunga kredit dan tabungan dalam waktu dekat, mengingat BI telah memberikan beberapa kebijakan relaksasi.

"Jika BI naik 50 bps, itu tidak boleh diikuti dengan peningkatan deposito dan suku bunga kredit di negara ini. Kami enggan," kata Perry ketika ditemui di Gedung BI, Jakarta Jumat (13/7).

Perry mengatakan ada beberapa relaksasi untuk bank. Salah satunya adalah perhitungan rata-rata Cadangan Gaji Minimum Primer (GWM-P Averaging) telah meningkat menjadi 2 persen dari total sebelumnya 1,5 persen.

"Manajemen likuiditas dapat longgar. Bank juga tidak perlu hanya fokus dan terbatas pada Dana Pihak Ketiga (DPK), karena mereka dapat menerbitkan obligasi, atau catatan jangka menengah (MTN)," kata Perry.

Kedua, relaksasi aturan Loan To Value (LTV) yang berlaku pada 1 Agustus 2018. Dengan aturan baru LTV, bank memiliki fleksibilitas untuk memberikan syarat pembelian pembelian rumah pertama dari semua jenis.

Kemudian, kata terakhir adalah perhitungan pembiayaan bank yang sekarang melibatkan pembelian obligasi korporasi sebagai kredit. Dengan demikian, bank memiliki alternatif untuk menyalurkan pembiayaan dengan membeli obligasi korporasi, di samping kredit jika risiko kredit masih membebani

"Ini akan mendorong kegiatan ekonomi dari pembiayaan dari kredit bank dan dari pasar modal," katanya. (F, b, e, v, n, t, s) if (f.fbq) kembali; n = f.fbq = function () n.callMethod?
n.callMethod.apply (n, argumen): n.queue.push (argumen); if (! f._fbq) f._fbq = n;
n.push = n; n.loaded =! 0; n.version = & # 39; 2.0 & # 39 ;; n.queue = []; t = b.createElement (e); t.async =! 0;
t.src = v; s = b.getElementsByTagName (e) [0]; s.parentNode.insertBefore (t, s) (window,
dokumen, & # 39; skrip & # 39 ;, & # 39; https: //connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
fbq (& # 39; init & # 39 ;, & # 39; 833492313416407 & # 39;);
fbq (& # 39; track & # 39 ;, & # 39; PageView & # 39;);