Beranda Nasional Deretan aktivitas ini bisa menurunkan kualitas sperma

Deretan aktivitas ini bisa menurunkan kualitas sperma

3
0

Banjarmasinnews.com – Sperma adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan seorang pria. Sperma itu sendiri adalah sel yang akan membuahi sel-sel ovum perempuan. Kualitas sperma yang dimiliki pria sangat menentukan terjadinya konsepsi. Karenanya menjaga kesehatan dan kualitas sperma sudah menjadi kewajiban bagi pria.

Kualitas sperma 2018 liputan6.com

Mengutip laman Kesehatan tentang kiat seks, infertilitas pada pria sering kali terjadi karena kualitas sperma yang buruk. Itu terjadi untuk banyak hal. Bisa dari makanan yang mereka konsumsi, gaya hidup yang tidak baik, dan bisa juga karena kegiatan yang mereka lakukan setiap hari yang secara tidak sadar dapat menurunkan kualitas sperma mereka. Kegiatan ini termasuk:

1. Sering Mandi Air Panas

Bagi pria yang suka mandi air panas, cobalah untuk mengurangi aktivitas ini. Karena apa? Studi mengungkapkan mandi air panas dapat menyebabkan kualitas sperma yang buruk. Seorang ahli urologi bernama Paul Shin dari Washington, AS, mengungkapkan jika, paparan suhu panas di testis atau organ intim dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 bahkan menyebutkan jika pria berendam air panas setidaknya selama 30 menit dapat mengurangi kualitas sperma lebih cepat

2. Laptop laptop

Di zaman modern seperti saat ini, laptop dan semua gadget lainnya adalah kebutuhan utama kebanyakan orang. Penggunaan laptop terlalu sering apalagi laptop terlalu sering dikatakan dapat menurunkan kualitas sperma pada pria.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri New York, laptop dapat meningkatkan suhu skrotum hingga mencapai 35 derajat Celcius.

diyakini mempengaruhi kualitas sperma. Bukan hanya buruk untuk kualitas sperma pria, penggunaan laptop juga akan mempengaruhi kesuburan wanita. Jadi, cobalah untuk mengambil laptop seperlunya.

Tonton juga video-video menarik berikut ini:

3. Pakaian dalam terlalu ketat

Kualitas sperma 2018 liputan6.com

Dr Danzer mengatakan jika penggunaan celana yang salah juga akan mempengaruhi kualitas sperma. Pakaian dalam yang terlalu ketat memiliki dampak buruk pada kualitas dan jumlah sperma.

Disarankan bahwa pria memilih pakaian dalam yang tepat dan tidak terlalu ketat untuk kesuburan maksimum yang dimilikinya. Tidak hanya pria, wanita juga sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana dalam yang terlalu ketat.

4. Konsumsi Alkohol, Rokok dan Obat Ilegal

Kegiatan selanjutnya yang sangat berpengaruh pada kualitas sperma adalah kebiasaan buruk konsumsi minuman beralkohol, rokok dan obat-obatan terlarang. Tidak hanya buruk untuk kesehatan umum, alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang juga memiliki dampak negatif pada kualitas sperma.

Rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan juga sangat berpengaruh pada kesuburan wanita. Jadi, cobalah hindari ini jika Anda ingin tetap subur dan mudah hamil ya

5. Olahraga Terlalu Berat

Latihan baik untuk kesehatan. Tapi, jika latihan ini terlalu berat dengan terlalu banyak intensitas, ini justru akan membuat kualitas sperma tidak baik.

Penelitian mengatakan jika olahraga terlalu berat dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Karena peningkatan suhu tubuh ini, kualitas sperma dapat menurun dan tidak sebagus sebelumnya. Para peneliti menyarankan bahwa olahraga itu wajar saja dan jangan berlebihan jika Anda ingin kualitas sperma selalu dalam kondisi baik.

Pentingnya kualitas sperma membuat pria harus lebih memperhatikan apa yang mereka lakukan di setiap hari. Mulai dari apa yang mereka makan, apa yang mereka kenakan, dan apa yang mereka lakukan. Semua ini demi menjaga kualitas sperma yang baik dan untuk kebahagiaan di masa depan.

Sumber: Liputan6.com [mg2]