by

Istana Siapkan 1 Milyar Untuk 18 Mercy Tamu Negara

BanjarmasinNews, Jakarta – Menghadapi persiapan pelantikan presiden Minggu, 20 Oktober 2019, Sekretariat Negara bersiap menyambut tamu negara yang akan hadir dengan menyewa 18 unit Mercedes-Benz untuk ditumpangi oleh kepala negara undangan selama berada di Jakarta.

Ada dua jenis mercy yang disewa, yakni seri S450 dan E300, semuanya sudah terparkir rapi di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, sejak Kamis (17/10/2019) kemarin.

dikutip dari laman kompas.com, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, meskipun disewa, namun semua mobil yang disiapkan untuk tamu negara ini adalah unit baru. “Ini menyewa, tapi persyaratannya kami minta yang baru,” kata Heru.

“Dua jenis mobil ini dipilih karena alasan kenyamanan hingga keamanan. S450 sebagai seri yang lebih tinggi akan digunakan untuk kepala negara atau selevel. Sementara E300 akan digunakan oleh utusan kepala negara.” lanjutnya.

Semua mobil tersebut disewa selama empat hari. Mobil akan digunakan tamu negara sejakdari saat tiba di bandara, menuju hotel, ke acara pelantikan, hingga mengantar lagi ke Bandara untuk kembali ke negeri asalnya.

Untuk pengamanan akan ada pasukan Paspampres yang mengawal selama di Jakarta. “Anggarannya kurang lebih Rp 1 miliar,” ucap Heru.

Dikonfirmasi bahwa kepala negara yang sudah dipastikan hadir yakni dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Myanmar dan Filipina. Sementara negara lain seperti China dan Vietnam mengirim wakil kepala negara.