Beranda Nasional Kawanan gajah rusak perkebunan sawit warga saat melintas di wilayah Aceh Barat

Kawanan gajah rusak perkebunan sawit warga saat melintas di wilayah Aceh Barat

3
0

Banjarmasinnews.com – Sumetran gajah maximus sumatranus menghancurkan perkebunan sawit masyarakat di jalurnya di kecamatan Pante Ceureumén, kabupaten Aceh Barat, propinsi Aceh.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Aceh (DLH) Barat, Adi Yunanda di Meulaboh, Sabtu (30/6), mengatakan keberadaan satwa yang dilindungi sudah diketahui dua hari terakhir dan masih dalam proses mengusir atau mengusir dengan pihak terkait.

"Tim dari DLHK dengan terakait telah memeriksa, pertama untuk melihat daerah yang dikunjungi gajah. Di Aceh Barat ada CRU gajah yang jinak, akan menemukan cara, cara menangani hewan," jelasnya.

Ia sampaikan, luas areal kebun yang rusak tidak begitu jauh dari permukiman masyarakat. Dia menambahkan bahwa hewan tidak bisa dikatakan marah dan masuk permukiman, karena ada lintasan hewan.

Lokasi yang dilaporkan dikunjungi oleh hewan diberi gelar dalam bahasa Aceh "Tengku Rayeuk", seperti desa Sibintang, Panton Reu, kemudian daerah Desa Puloe Tengoh, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Sementara kehadiran Unit Respon Konservasi Alu Kuyun (CRU), yang terletak di Kecamatan Woyla Timur, lokasi gajah jinak hanya sekitar 5 hingga 6 kilometer dari daerah (19659003) "Ini adalah Diperkirakan bahwa mereka (kawanan gajah) adalah sembilan ekor, sebenarnya bukan mengamuk, tetapi sementara gajah mencari makanan, pohon-pohon palem, pinang, puncak pohon diberi makan dan batangnya pasti rusak, "lanjut Kepala DLHK Barat. Area Konservasi Lingkungan Aceh (MPKK), Bos Ariadi Muis.

Tim CRU Alu Kuyun yang datang pada hari Sabtu, (30/6) ng telah menggusur kawanan gajah dari daerah Sibintang, sehingga tidak ada lagi gergaji dan pembiakan gajah di daerah setempat pada siang hari.

Meskipun selama proses pencucian hujan di daerah perbukitan Aceh Barat, tim CRU turun dengan gajah jinak untuk memastikan gajah meninggalkan daerah setempat.

"Ini juga bukan mengamuk, karena itu lintasan, sambil berjalan dia mencari makanan dan yang terdekat ditemukan adalah perkebunan kelapa sawit. Jadi daun muda atau tunasnya adalah apa yang dimakan, bagasi tidak diragukan lagi rusak, "jelasnya.

Menurut perkiraan tim turun, kawanan gajah hanya berjumlah sembilan, meskipun dua lokasi dilaporkan telah merugikan gajah, (19659003) Karena, gajah hanya turun mencari makanan di kebuh warga di malam hari, atau sekitar pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB, ketika diusir dari desa Sibintang, kemudian kawanan gajah berpindah ke Desa Puloe Tengoh, Aceh Barat. [Function (f, b, e, v, n, t, s) if (f.fbq) return; n = f.fbq = function () n.callMethod?
  n.callMethod.apply (n, arguments): n.queue.push (arguments); if (! f._fbq) f._fbq = n;
  n.push = n; n.loaded =! 0; n.version = '2.0'; n.queue = []; t = b.createElement (e); t.async =! 0;
t.src = v; s = b.getElementsByTagName (e) [0]; s.parentNode.insertBefore (t, s) (window,
dokumen, & # 39; skrip & # 39 ;, & # 39; https: //connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
fbq (& # 39; init & # 39 ;, & # 39; 833492313416407 & # 39;);
fbq (& # 39; track & # 39 ;, & # 39; PageView & # 39;);