Beranda Nasional KPU harap MA segera proses jika ada yang gugat PKPU Nomor 20

KPU harap MA segera proses jika ada yang gugat PKPU Nomor 20

4
0

Banjarmasinnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengharapkan Mahkamah Agung (MA) akan dapat memproses jika ada gugatan terhadap PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota Rakyat & # 39; Majelis Legislatif, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota. Aturan ini melarang mantan tahanan korupsi mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

Karena, menurut Arief, keputusan cepat tidak akan mengganggu tahapan pendaftaran calon.

"Jika putusan keluar sebelum daftar calon tetap (set), itu tidak akan mengganggu tahapan," kata Arief di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (5/7).

Namun demikian, ia menyebut pihaknya akan terus menghormati keputusan Mahkamah Agung. Arief mengaku tidak tahu pihak mana yang sudah mengajukan judicial review terkait artikel di PKPU

"Kalau DPR, DPRD provinsi dan kabupaten / kota tidak tahu, tapi kalau DPD, saya tahu ada yang yang mengusulkan, "katanya.

Arief mengatakan bahwa proses verifikasi pendaftaran calon dilakukan pada 5-18 Juli 2018. Dia mengatakan bahwa dalam proses pendaftaran hanya fase pemeriksaan kelengkapan dokumen

"Setelah selesai, dikembalikan, tetapi verifikasi memeriksa isi file, ketika diperiksa, (sebelumnya dinyatakan bersalah atas korupsi, narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak-anak) misalnya, itu diterima saat pendaftaran, "jelas Arief.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [rzk]